Mengenal Al-Qur’an Sebagai Petunjuk Segala Permasalahan

Al-Quran Suci adalah Kitab Allah, yang diwahyukan kepada Utusan-Nya Muhammad untuk membawa orang-orang keluar dari kegelapan ke dalam terang dan menyelamatkan mereka dari ketidakpercayaan, ketidakadilan dan kebobrokan.

“Ini adalah sebuah kitab yang telah diturunkan untuk membawa orang-orang keluar dari kegelapan ke dalam cahaya dengan izin dari Tuhan mereka, menuju jalan Yang Mahakuasa, yang layak dipuji” (Quran 14: 1)

Al-Quran, wahyu terakhir Allah, adalah sumber utama keimanan, dan praktik setiap Muslim. Allah menurunkan Al-Quran suci ini kepada Nabi-Nya untuk mencapai tujuan mulia dan pelajaran yang patut dipuji, di antaranya adalah:

Tuntunan Menuju Jalan Lurus

Al-Qur'an

Agar Quran ini menjadi panduan untuk jalan lurus dan kebahagiaan yang diinginkan oleh jiwa-jiwa manusia pada umumnya.

Tuhan memberikan petunjuk yang tersirat dalam Al Qur’an agar manusia mempunyai keyakinan yang benar, ibadah yang layak, hukum mulia, perilaku teladan dan orientasi bijak.

Karena semua ini, Al Qur’an tidak diragukan lagi adalah wahyu ilahi terbaik, yang paling memuaskan kebutuhan manusia dan yang paling ideal untuk membimbing umat manusia di jalan yang lurus.

Allah berfirman: «Sebuah kitab yang jelas dan terang datang kepadamu dari Allah, yang dengannya Allah membimbing mereka yang mencari kepuasan-Nya melalui jalan keselamatan, dengan izin-Nya, dan membawa mereka keluar dari kegelapan ke dalam terang dan menuntun mereka ke jalan yang benar »(Quran 5: 15-16)

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Kutu Di Spring Bed Paling Cepat

Mukjizat Nyata yang Membuktikan Kebenaran

Tujuan lain dari mana Alquran diturunkan adalah bahwa itu adalah mukjizat yang membuktikan kebenaran pesan Nabi Muhammad, yang, atas perintah ilahi, menantang orang-orang Arab untuk menyusun sebuah Kitab yang serupa dengan Alquran.

Meskipun merupakan komunitas yang diberkati dengan kefasihan luar biasa, mereka tidak dapat melakukannya. Kemudian mereka tidak dapat menyusun hanya sepuluh surah, dan, akhirnya, mereka bahkan tidak dapat menyusun satu surah pun, yang menegaskan mukjizat tak tertandingi dari Kitab ini.

Tuhan berkata: «Jika Anda ragu tentang apa yang telah kami ungkapkan kepada hamba Kami, bawalah surah yang serupa. Panggil saksi Anda, di luar Tuhan, jika Anda benar.

Jika Anda tidak melakukannya – dan Anda tidak akan – menghindari api, yang bahan bakarnya adalah orang-orang dan batu-batu, yang disiapkan untuk orang-orang yang tidak percaya. »

BACA JUGA: Tas Seminar Surabaya Murah & Terpercaya

Tuntunan Hukum Ketuhanan dan Peribadatan

Tujuan lain adalah agar orang menyembah Tuhan, membaca, menghafal dan bekerja sesuai dengan hukum mereka.

Ini adalah tujuan di mana Tuhan – dipermuliakan – mengungkapkan Alquran. Tuhan bertanggung jawab menjaga Quran tetap utuh. “Kami mengungkapkan Alquran dan kami mengurusnya.” (Al-Qur’an 15: 9)

Salah satu tanda perhatian ilahi terhadap Al-Qur’an adalah menjaganya agar tetap utuh di segala usia dengan cara yang benar dan sempurna.

Al-Quran membahas semua masalah yang berhubungan dengan manusia: kebijaksanaan, doktrin, ibadah, transaksi, hukum, dll., Tetapi tema dasarnya adalah hubungan antara Tuhan dan makhluk-makhluknya.

Pada saat yang sama memberikan pedoman dan pelajaran terperinci untuk mencapai masyarakat yang adil, memperbaiki perilaku manusia dan sistem ekonomi yang adil.

Perlu diingat bahwa Al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab kepada nabi Muhammad (damai dan berkah besertanya), oleh karena itu setiap terjemahannya, baik dalam bahasa Spanyol atau bahasa lain, bukan Qur’an bukan versi itu; Ini hanya terjemahan dari makna Alquran.

SUMBER: Islamiyyah.net

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *