Coban Ciblungan: Pesona Perbatasan Malang

Merasakan keseruan bermain air memang mengasyikkan. Para pecinta permainan air cenderung akan mencari dan mengunjungi destinasi wisata alam berbasis air. Malang merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak sumber wisata air, khususnya wisata air terjun. Tidak berlebihan jika banyak orang menyebut Malang sebagai daerah sejuta Coban. Di sebelah Timur Malang terdapat wisata Air Terjun Ciblungan. Nama Ciblungan berasal dari kata cebol yang disarikan dari kontur alam tempat wisata ini. Lajur air terjun utama tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 20 meter. Disertai dengan air terjun anakan yang jumlahnya enak dipandang. Seperti di Lembah Ngarai.

Coban Ciblungan

Air terjun anakan berasal dari sungai yang berada di atas tebing. Karena derasnya air sungai dan mengalami benturan setiap hari, membuat batu dasar sungai lubang dan akhirnya mengaliri air. Dari situ air terjun anakan muncul yang sekarang memperindah air terjun utama Ciblungan. Tentu Coban Ciblungan tergolong unik karena tingginya tidak seperti air terjun pada umumnya. Justru keadaan geografis ini yang membuat Coban Ciblungan kian menarik. Anda suka bepergian kesini bisa memakai travel malang surabaya dari Nahwa Travel.

Lokasi Coban Ciblungan

Di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang Coban Ciblungan berada. Tepatnya di Jalan Raya Dampit-Lumajang, Purwoharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Sekitar 66 km dari Kota Malang. Jika jarak tersebut saya hitung-hitung ke jam, maka kurang lebih anda membutuhkan waktu 2 sampai 3 jam untuk sampai ke lokasi.

Kalian yang sering melewati rute Jalan Raya Dampit pasti familiar dengan gapura perbatasan Malang-Lumajang. Lokasi Coban Ciblungan sebelum gapura tersebut. Atau anda familiar dengan spanduk besar bertuliskan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Ampelgading? Dari situ jarak ke lokasi hanya sekitar tiga km. Sepanjang jalan menuju Coban Ciblungan sudah tersedia papan petunjuk jalan untuk memudahkan calon pengunjung. Jadi jangan takut salah arah ya.

Aktivitas di Coban Ciblungan

Dengan adanya air terjun utama dan air terjun anakan menjadikan suasana di coban ini unik. Bagi pengunjung yang ogah basah-basahan dapat mengabadikan moment dengan view yang indah. Pemandangan tumbuh-tumbuhan warna hijau nan asri mengelilingi tempat ini. Selain itu pengunjung tipikal seperti ini masih bisa menikmati pemandangan dasar air Coban Ciblungan. Hal ini ditunjang karena kejernihan air di coban ini.

Yang paling seru, dan mungkin paling dicari-cari oleh pengunjung ialah menikmati kesegaran air di Coban Ciblungan. Tentu satu-satunya cara paling seru untuk menikmati kejernihan air perbatasan ini dengan cara menceburkan diri.

Coban Ciblungan juga sudah ada warung-warung bagi pengunjung yang hanya ingin duduk menikmati pemandangan alam. Atau bagi anda yang hanya mengantarkan anak atau sanak keluarga lain dapat beristirahat di warung-warung penduduk sekitar ini. Selain warung juga sudah tersedia fasilitas toilet untuk pengunjung.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk dan menikmati Coban Ciblungan pengunjung dikenakan retribusi 3.000 rupiah per pengunjung. Nantinya retribusi ini akan dikelola oleh warga sekitar secara swadaya. Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan juga dikenakan tarif parkir. Untuk kendaraan roda dua sebesar 5.000 rupiah dan untuk kendaraan roda empat sebesar 10.000 rupiah.

Bagi anda yang berkunjung ke Malang, sempatkan waktu anda untuk mengunjungi tempat wisata lain yang masih menarik di Malang, dijamin anda akan ketagihan untuk mendatanginya lagi. Terdapat berbagai paket layanan tour wisata untuk daerah Malang dan Batu, selain itu Nahwa Travel juga menyediakan layanan travel malang surabaya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *