Cara atasi kecanduan seksual akut

Di dalam dunia dimana konten seksual dipaparkan dengan bebas secara online, pada papan iklan, televisi, sekolah, buku, majalah dan berbagai media lainnya, terdapat peningkatan resiko bagi seseorang untuk mengalami kenaikan gairah seksual yang kuat dan sulit dikendalikan.

Ketika seseorang mengalami dorongan seksual yang meningkat termasuk obsesi terhadap seks, kecanduan seksual mungkin saja sedang berkembang. Aktivitas seks, pikiran mengenai seks, kegiatan yang melibatkan seks dan keinginan yang intens untuk mengambil bagian dalam aktivitas yang melibatkan seks merupakan bagian dari kecanduan tersebut.

 

Kecanduan seksual atau kelainan hiperseksual artinya seseorang mengulangi partisipasinya dalam aktivitas seksual yang menyebabkan efek merusak pada hubungan dengan orang lain, pekerjaan atau kepercayaan dan keyakinan diri.

Gejalanya sedikit banyak berbeda dengan gejala psikologi penggunaan zat adiktif. Sebagian orang lebih mudah terkena kecanduan seksual khususnya pasien yang mengalami penyimpangan mood, sejarah penyiksaan seksual, kecanduan alkohol, atau penyalahgunaan obat – obatan.

 

Kelainan ini masih menjadi kontroversi diantara para profesional di bidang kesehatan mental, kelainan seksual tidak digolongkan sebagai kelainan mental atau kecanduan dalam Diagnostic and Statistical Manual or Mental Disorders (DSM V).

 

Menangani Masalah Kecanduan Seksual

Kecanduan seksual ditandai dengan keinginan intens seseorang untuk mengambil bagian dalam aktivitas seksual sepanjang waktu. Indikasi kecanduan seks tersebut termasuk menonton pornografi, berpikir mengenai seks dalam waktu lama hingga mempengaruhi prioritas lainnya, koleksi berlebihan majalah seksual, perilaku seksual beresiko seperti terobsesi berhubungan seks di tempat umum, masturbasi berlebihan, dan lain sebagainya. Cara mengatasi kecanduan seksual perlu dilakukan sebelum perilaku orang yang kecanduan menjadi semakin beresiko.

1. Menentukan kondisi Anda

Tentukan apakah Anda mengalami kecanduan atau tidak sebelum mencari cara mengatasi kecanduan seksual. Mengalami kecanduan seks tidak sama dengan mengalami dorongan seks yang besar. Anda mungkin mengalami kecanduan jika terdapat berbagai tanda – tanda seperti yang telah disebutkan di atas, mengalami pola seksual yang tetap dan meningkat, juga mengalami konsekuensi negatif untuk diri Anda dan orang lain.

2. Mencari dukungan dan bantuan

Putuskanlah apabila Anda membutuhkan bantuan profesional atau dapat menangani kondisi tersebut sendiri. Tanyakan kepada diri sendiri apakah Anda mampu menangani dorongan seksual? apakah Anda stress mengenai perilaku seksual diri sendiri? Apakah perilaku seksual Anda mencederai hubungan dengan orang lain dan pekerjaan atau mengarah kepada konsekuensi negati f yang menjurus kriminalitas, apakah Anda mencoba menyembunyikan perilaku seksual tersebut, bahkan mencoba melukai diri sendiri dan orang lain? Jika jawaban pertanyaan – pertanyaan  tersebut adalah ya, maka Anda perlu mencari bantuan profesional.

3. Temukan terapis atau ahli kesehatan mental yang kompeten

Carilah rekomendasi tentang seorang terapis yang mengkhususkan diri terhadap kecanduan seksual seperti psikolog, psikiater, terapis perkawinan dan terapis keluarga yang berlisensi. Lebih baik untuk menemukan seseorang yang berpengalaman untuk membantu orang dengan cara mengatasi kecanduan seksual dengan sukses.

4. Diskusikan rencana perawatan dengan terapis

Cara mengatasi kecanduan seksual secara medis adalah dengan mencari bantuan terapis dan membuat rencana perawatan yang dapat membantu menghilangkan kecanduan tersebut. Terapi perilaku kognitif merupakan cara perawatan yang efektif yang memiliki pendekatan praktis terhadap tujuan pemecahan masalah. Dalam jenis terapi ini, orang yang mengalami penyimpangan seksual dengan mengubah pola pikir atau perilaku dengan tujuan untuk mengubah bagaimana Anda merasakan sesuatu hal. Terapis mungkin juga akan meresepkan obat – obatan seperti obat anti depresan, contohnya obat penghambat serotonin selektif seperti prozacpaxil atau zoloft, anti androgen, penstabil mood, atau obat  – obatan lain.

5. Kesampingkan rasa malu

Membiarkan orang lain untuk mengetahui kelemahan Anda memang dapat menjadi suatu hal yang memalukan. Namun terapis yang baik dapat membantu Anda untuk melewati bagian tidak nyaman dari situasi tersebut. Bukanlah tugas terapis untuk menghakimi atau membuat pasien merasa buruk terhadap kecanduan mereka. Itulah sebabnya sangat penting untuk menemukan terapis yang nyaman bagi Anda dan dapat dipercaya untuk membantu Anda kembali pulih.

6. Mencari dukungan dari orang terdekat

Cara mengatasi kecanduan seksual bisa saja menjadi perjuangan tersendiri bagi penderitanya. Anda kemungkinan akan merindukan kedekatan secara fisik dan emosional dengan orang lain. Menghabiskan waktu dengan orang – orang terdekat dapat membantu Anda untuk mengingat mengapa kecanduan ini harus dihentikan dan berkomitmen untuk sembuh. Mungkin akan ada orang dekat yang tidak dapat mengerti atau memahami dan menerima kondisi Anda, atau bahkan marah kepada Anda karena perilaku di masa lalu. Perasaan – perasaan tersebut adalah suatu yang normal. Cobalah untuk menemukan beberapa orang yang dapat mengerti perjuangan Anda dan membantu.

 

Sumber : https://herqowmax.com/