Cara Memotong Kuku Anjing yang Benar

Perawatan pada anjing tidak hanya sekedar memandikan saja, melainkan termasuk dalam hal memotong bagian kukunya. Pemotongan kuku anjing tidak jauh berbeda dari cara pemotongan kuku pada kucing, hanya saja gunting yang digunakan sedikit berbeda.

Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan sebelum memotong bagian kukunya, salah satunya adalah usia anjing tersebut. Ketika usianya masih anak-anak, maka tidak disarankan untuk memotongnya. Sebaliknya ketika remaja hingga dewasa, disarankan untuk memotongnya secara berkala. 

Cara Memotong Kuku Anjing

1. Cari Model Gunting yang Tepat

Kali ini Anda perlu menyiapkan dua model gunting untuk memotong bagian kukunya, yaitu pada dua kuku bagian samping dan sisanya. Model gunting tang berlubang disarankan untuk memotong kuku bagian tengah, sedangkan model seperti gunting biasa bisa digunakan pada kuku samping.

Intinya adalah sesuaikan dengan bentuk kuku pada anjing masing-masing dan Anda bisa meminta saran dari dokter gunting mana yang sebaiknya digunakan. Dari situs adhd malta menyatakan bahwa kesalahan dalam memilih model gunting akan mempengaruhi hasil pemotongan nanti.

2. Biarkan Anjing Nyaman Terlebih Dahulu

Memotong kuku pada anjing bisa dibilang lebih sulit dibandingkan memotong kuku pada kucing. Ini karena anjing biasanya lebih agresif dibandingkan kucing dan sulit untuk membuatnya nyaman. Maka dari itu, Anda perlu membuat anjing nyaman terlebih dahulu.

Pada anjing yang masih kecil, Anda bisa membopong atau memangkunya dengan memberikan usapan halus pada bagian kepala dan kaki sampai benar-benar nyaman. Namun jika anjing sudah besar, cukup memberinya usapan halus dan biarkan anjing berada di lantai atau tempat favoritnya.

3. Potong di Bagian yang Benar

Kuku pada anjing biasanya terlihat hitam dan sulit untuk memastikan batas antara bagian cakar dan bagian batasnya. Tipsnya adalah potongnya bagian cakar yang menurun ke bawah secara hati-hati. Cara mengeluarkan kukunya adalah menekannya menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.

Apabila bekas potongan pada kuku bagian atasnya sudah terlihat putih seperti pada kucing, maka pemotongan sebaiknya dihentikan dan dilanjutkan ke kuku lainnya. Ini karena warna putih tersebut menjadi pertanda batas akhir antara kuku dengan pembuluh darahnya. 

Jika Anda kesulitan dalam memotong kuku anjing sendirian, mintalah bantuan orang rumah atau Anda bisa membawanya ke pet care untuk dipotong. Disarankan untuk tidak memotongnya secara rutin, lakukan seperlunya saja.