Nutrisi Pakan Ayam Joper

Kebutuhan nutrisi pakan ayam Joper yang wajib diberikan adalah energi metabolisme, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, mineral (kalsium dan fosfor), vitamin dan asam amino.

Nutrisi Pakan Ayam Joper

nutrisi pakan ayam joper

1. Protein Kasar

Pengertian protein kasar (crude protein) adalah kandungan protein dalam bahan makanan yang bisa memperbanyak kandungan.Menggunakan nitrogen dengan faktor konversi 6,25 metode kjeldahl. Protein mentah tidak mengandung benar. Protein saja, tetapi juga mengandung nitrogen yang tidak diturunkanprotein (nitrogen non-protein).

Nilai gizi protein adalah Kemampuan protein untuk memenuhi kebutuhan asam amino apa yang dibutuhkan (Putri, 2006). NPN adalah umpan majemuk tidak ada protein yang mengandung nitrogen seperti asam aminobebas, asam nukleat, amonia, urea, trimetilamina (TMA),Dimetilamina (DMA), nitrat, dll.

Ada asam amino bebasdalam jaringan hidup sisa pakan berasal dari sintesis Protein itulah yang kemungkinan merupakan hasil pemecahan protein. Amino bebas ini dapat membentuk senyawa NPN lainnya. Ini adalah pasokan asam amino dekarboksilasi bebas, yang dikatalisis oleh enzim tertentu (Santoso, 2007).

2. Serat Kasar

Serat makanan bukanlah nutrisi. Jenis serat ada dua yaitu serat dan serat mentah. Peran utama serat dalam makanan adalah kemampuannya untuk mengikat air, selulosa, dan pektin. Dengan adanya serat ini membantu memperlancar sisa makanan melalui saluran pencernaan untuk disekresikan.

Tanpa bantuan serat, feses rendah air tinggal lebih lama di saluran usus dan kesulitan melewati usus untuk dikeluarkan karena peristaltik usus besar melambat.Istilah serat pangan harus dibedakan dengan istilah serat mentah, yang umumnya digunakan dalam analisis langsung pangan.

3. Treonin

Nutrisi pakan ayam joper yang selanjutnya yaitu treonin memainkan peran penting dalam sintesis protein dan metabolisme pada unggas. Peran ini mengoptimalkan metabolisme tubuh agar kinerja unggas optimal. Peran Treonine lainnya dalam kinerja unggas adalah:

1. Kesehatan Saluran Pencernaan

Treonin merupakan salah satu prekursor pembentukan musin (dahak) di saluran pencernaan. Musin membentuk lapisan yang melindungi permukaan saluran pencernaan dari asam berlebih dan mikroba patogen, dan menyaring nutrisi yang masuk untuk diserap oleh tubuh (Debnath et al., 2018). Treonin juga dapat menahan musin ke permukaan saluran pencernaan, sehingga perlindungan yang diberikan lebih optimal (Saadatmand et al., 2019).

2. Meningkatkan Daya Cerna Pakan

Treonin dapat merangsang hati untuk membuat lebih banyak garam empedu. Treonin dapat diubah menjadi asam amino glisin, yang merupakan prekursor pembentukan garam empedu. Garam empedu mengemulsi lemak pakan sehingga larut dalam air dan dapat dicerna oleh enzim lipase.

Garam empedu dapat dibentuk dari kolesterol, sehingga dengan meningkatkan produksi garam empedu maka jumlah kolesterol dalam tubuh dapat dikurangi. Selain itu, overhaul treonin menghasilkan asam piruvat dan asam propionat, yang dibutuhkan untuk pembangkit energi (Debnath et al., 2018).

3. Meningkatkan Sistem Imun

Treonin dapat meningkatkan kekebalan ayam dengan:

Mengoptimalkan perkembangan organ limfoid yaitu bursa, timus dan limpa, agar produksi antibodi lebih optimal (Qaisrani et al., 2018).Sebagai komponen utama plasma G-globulin (antibodi). Meningkatkan kadar serum IgG, IgG dan IgA di mukosa usus halus dan mempertahankan memori respon imun untuk waktu yang lama (Abbasi et al., 2014).

Menghambat apoptosis (kematian sel) dan merangsang reproduksi sel limfosit untuk melawan virus, bakteri dan jamur (Debnath et al., 2018).

4. Antistress

Secara umum, metabolisme sel normal menghasilkan radikal bebas atau spesies oksigen reaktif (ROS). Suhu lingkungan yang tinggi dapat meningkatkan produksi ROS dan menyebabkan sel terkena stres oksidatif. Untuk menetralkan efek ROS, tubuh secara alami memproduksi enzim antioksidan.

Treonin berperan dalam meningkatkan konsentrasi dan aktivitas enzim antioksidan yaitu malondialdehida (MDA), superoksida dismutase (SOD) dan glutathione peroksidase (GSH-Px) serta tembaga-seng superoksida untuk menangkal radikal bebas tersebut (Li et al., 2019).

Kemampuan ini disebabkan fakta bahwa treonin adalah asam amino yang dapat dibawa oleh tembaga (tembaga) dalam darah (Debnath et al., 2019). Untuk pembuatan pakan bisa dengan bantuan mesin pembuat pakan ayam agar hasilnya ebih baik.

Menyusun Ransum Pakan Ayam Joper

menyusun ramsum ayam joper

Ada dua hal yang perlu diingat saat menyusun campuran yang tepat dari ransum pencampur sendiri. Pertama, penuhi kebutuhan nutrisi ayam secara lengkap. Kebutuhan nutrisi yang harus diperhatikan dalam pakan ayam joper adalah energi metabolik, protein kasar, serat kasar, lemak kasar, mineral (kalsium dan fosfor),

vitamin dan asam amino. Pastikan ransum yang disiapkan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ayam sesuai tahap produksi. Hal kedua yang harus diperhatikan adalah harga pakan dan ketersediaan atau pasokan bahan baku ransum. Akan sangat baik jika kita bisa mendapatkan harga terendah (biaya terendah) dalam menyusun komposisi ransum.

Jangan sampai kebutuhan nutrisi ayam terpenuhi, tapi biaya pakan dari formulasi sendiri (self-mixing) sebenarnya lebih tinggi daripada membeli ransum siap pakai dari pabrik. Beberapa hal yang perlu kita ketahui saat menyusun ransum adalah:

1. Ketersediaan Bahan Baku

Ini adalah bagian terpenting dalam merumuskan ransum. Bahan baku harus tetap tersedia dalam jumlah dan kualitas yang baik. Cobalah untuk mendapatkan bahan mentah dari pemasok yang dekat dengan lokasi peternakan. Hal tersebut sering terjadi pada masa sulit karena bahan baku seperti jagung, petani mendapatkan bahan baku yang kualitasnya buruk.

Akibatnya produktivitas ayam kampung mengalami penurunan. Bahan baku yang tersedia ini harus berkualitas stabil (tidak berubah), tidak mengandung racun dan enak dimakan. Bahan baku yang umum digunakan antara lain dedak, jagung, bungkil kelapa, bungkil kedelai, tepung ikan, tepung tulang dan sebagainya.

2. Kebutuhan Makanan

Nutrisi terpenting adalah energi metabolik, protein kasar, lemak kasar, serat kasar, mineral, vitamin dan asam amino. Komposisi nutrisi harus disesuaikan dengan jenis ayam, varietas, umur dan pencapaian asupan pakan. Saat membuat ransum ini, sedikit perhatian diberikan pada kecukupan mikronutrien seperti asam amino, vitamin dan mineral.

Ini bisa jadi karena keterbatasan data tentang nutrisi tersebut. Terkait dengan sifat mikronutrien yang mudah rusak selama proses produksi, penyimpanan dan distribusi, sehingga kandungannya menurun terutama pada vitamin.

Dengan kondisi tersebut maka perlu diberikan suplemen makanan tambahan yaitu feed supplement, untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien esensial tersebut. Contoh suplemen nutrisi yang dapat kita tambahkan adalah Top Mix and Mix Plus, yang mengandung multivitamin, mineral dan asam amino yang penting untuk mengoptimalkan kesehatan, pertumbuhan dan kinerja unggas.

3. Konsumsi Ransum

Jumlah konsumsi ransum merupakan pedoman penting yang mempengaruhi perumusan ransum. Jika konsumsi ransum di bawah standar maka formulasi ransum perlu disesuaikan. Tingkat gizi ransum harus ditingkatkan agar kebutuhan gizi untuk produksi tetap terpenuhi.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kondisi suhu panas (heat stress) saat ayam sakit atau memiliki palatabilitas yang kurang baik. Jika ayam makan lebih banyak maka kandungan nutrisi ransumnya juga bisa berkurang agar asupan makanan tidak terlalu tinggi.

Karena bila penyerapan zat gizi berlebih menyebabkan peningkatan zat gizi yang dibuang dalam tinja. Selain itu, harga pangan juga akan semakin tinggi. Melakukan pemantauan secara cermat dan terus menerus terhadap pencapaian asupan pakan.

4. Penggunaan Bahan Baku Ransum Secara Maksimal

Waspadai batasan penggunaan bahan mentah. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan baku yang melebihi nilai batas dapat berdampak negatif pada kinerja ayam. Bila penggunaan tepung ikan berlebih pada formulasi ransum ayam dapat mengakibatkan feses menjadi lembab, apalagi bila pengendalian kualitas bahan bakunya kurang optimal.

Sekian artikel entang nutrisi pakan ayam joper,semoga bermanfaat.