Jenis jenis pemanas air tenaga surya

Belakangan ini penggunaan pemanas air tenaga surya sudah menjadi tren diberbagai kalangan masyarakat. Pemanas air tenaga surya dipilih selain karena hemat dalam segi penggunaan energy, tetapi juga sangat efisien dalam menghasilkan kebutuhan air panas.

Perlu anda ketahui, bahwa terdapat dua jenis pemanas air tenaga surya (Solar Water Heater) yang umumnya dipakai oleh masyrakat luas;

1. Solar Water Heater tipe Flat Collector (Kolektor Datar)

Cara kerja pemanas air ini yaitu, air dialirkan masuk ke dalam kolektor, lalu didalam kolektor tersebut terjadi pemanasan. Dari hasil pemanasan itu kemudian dialirkan masuk ke dalam tangki dan terus mengalami sirkulasi sampai air benar-benar panas (Thermosiphon). Dari air panas dalam tangki itulah kemudian digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

             Keunggulan system flat yaitu:

  1. Kaca kolektor menggunakan Tempered Glass yang dikenal awet, kuat terhadap segala macam cuaca, bahkan mampu menahan beban orang.
  2. Tangki terbuat dari material khusus Stainless Steel dan Enamel dan memiliki lapisan insulasi
  3. Cover kolektor menggunakan Zincalume yang anti carat dan awet
  4. Suhu pemanasan tidak terlalu tinggi, berkisar 40-60oC

Solahart water heater tipe ini terkenal dengan ketahanannya terhadap cuaca dan kuat disegala iklim. Karena penggunaan material yang berkualitas dan memiliki mutu tinggi.

  1.   VACUUM TUBE SOLAR WATER HEATER

Vacuum tube merupakan salah satu system solar water heater. Jenis kolektor solarnya evacuated-tube. Kolektor ini memiliki bentuk tabung dengan material kaca tunggal yang dilengkapi dengan pelat sebagai penyerap panas. Tabung kaca pada kolektor ini berfungsi sebagai absorber.

             Dimana kolektornya menggunakan “evacuated tube” yang memiliki 3 lapisan.

  1. Lapisan pertama/luar sebagai pelindung dan pengumpul panas
  2. Lapisan kedua berupa ruang hampa
  3. Lapisan ketiga tempat bertukarnya panas dengan air

Solar water heater Vacuum Tube bekerja tanpa tekanan/preasure dari air. Pengisian ke tangki penyimpanan mengandalkan gravitasi yang dialirkan ke dalam tangki. Suhu yang dihasilkan dari pemanasan sangat tinggi dan rentan mengalami kerusakan-kerusakan pada kolektornya.

Dalam hal ini, tentu anda harus lebih ekstra hati-hati dalam handling/pengangkatan unit solar water heater tipe ini.

Lebih cermatlah dalam memilih pemanas air untuk rumah anda. Ketahui keunggulan dan kekurangan pemanas air yang akan anda pilih.