Perawatan Induk Ayam Joper Supaya Rajin Bertelur

Hai teman-teman,kali inin kita akan membahas seputas perawatan induk ayam joper supaya rajin bertelur. Yuk baca sampai akhir.

Potensi Ayam Joper

potensi ayam joper

Selain sebagai ayam pedaging yang sangat potensial, Ayam Kampung Super dapat menghasilkan telur untuk ditetaskan. Selama ini permintaan DOC Kampung Super Chickens atau Joper cukup tinggi, sehingga peternak DOC membutuhkan pasokan telur yang siap menetas dalam jumlah besar.

Untuk menghasilkan telur ayam kampung gratis, kami dapat mengambil dari indukan dan ayam kampung super melalui berbagai pilihan.

Jika kita mendapatkan bibit dari penyuluhan DOC maka pemeliharaan ayam Super Broiler dan Super Petelur masih digabungkan pada tahap awal. Untuk ayam pedaging, panen bisa dimulai pada 6 minggu dan dilanjutkan pada 12 minggu. Jika kita ingin bertelur, pemilihan dilakukan sebelum tahap panen kedua.

Perlu menjadi catat, bagaimanapun, bahwa tukik dari ayam atau ayam buras super jarang merupakan breeder yang melakukannya, karena tentunya biaya pemeliharaan meningkat karena membutuhkan waktu sekitar 6 bulan dari nol hari sampai ayam bertelur.

Dan dalam waktu 6 bulan, peternak tidak bisa mendapatkan keuntungan dari ternaknya. Dan nyatanya, ayam Joper tidak disebut atau ditetapkan sebagai ayam petelur, melainkan ayam super native yang diciptakan untuk menjadi broiler atau pengganti ayam kampung yang waktu ternaknya lebih singkat.

Ayam yang menjadi induk petelur memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti sebagai berikut:

  • Jenis ayam itu sehat dan aktif.
  • Memiliki bulu yang berkilau.
  • Jarak antara tulang dada dan tulang kemaluan kira-kira 4-5 jari.
  • Sedangkan Ayam Kampung Super jantan memiliki beberapa khasiat seperti:
  • Ayam jantan sehat dan tampan.
  • Memiliki mata yang tajam dan paruh yang kuat.
  • Memiliki punggung yang lurus dan berat.

Ayam buras yang tidak memenuhi persyaratan dapat menjadikan ayam pedaging. Sementara itu, ayam yang memenuhi persyaratan akan terus di pelihara. Pada usia 10-12 minggu, jantan dan betina bisa di masukkan ke dalam kandang. Secara umum, ayam super native dapat bertelur pada usia 22 minggu.

Dalam sebuah kandang, perbandingan antara seorang pria dan seorang wanita adalah sekitar 1 pria dengan 5 – 6 wanita. Dengan demikian persentase telur yang dihasilkan ayam super native menjadi tinggi.

Jika perpaduan antara pria dan wanita terlalu besar, di khawatirkan banyak wanita yang tidak memiliki kesempatan untuk dibuahi oleh pria.

Perawatan Induk Ayam Joper

1. Kandang untuk Ayam Kampung Super

perawatan induk ayam joper

Petelur ayam kampung yang akan di kawinkan dapat di tempatkan di kandang semi tertutup atau kandang panggung. Ini memungkinkan ayam kawin secara alami. Setiap kandang di batasi 6-7 ekor.

Untuk pakan ayam kampung super layer kurang lebih sama dengan pakan ayam kampung biasa atau ayam petelur biasa. Pakan ayam kampung super broiler free range seperti konsentrat untuk ayam petelur dan bahan pakan tambahan seperti dedak atau dedak.

Persentase lebih rendah untuk pakan tambahan dan ditunjukkan saat waktu makan diubah. Misalnya diberikan setelah sarapan dan sebelum makan siang.

Perawatan Telur Tetas Hasil Ayam Kampung Super

Setiap telur yang di hasilkan oleh betina segera di ambil untuk menghindari telurnya pecah atau di patuk oleh ayam.
Telur yang kotor dapat di bersihkan menggunakan alat yang aman.Telur dapat di simpan di gudang telur selama 12 hari (2 minggu). Jika lebih dari itu, di khawatirkan embrio telah mati.

Ayam kampung super yang hanya bertelur tanpa di inkubasi menghasilkan sekitar 125-150 telur per tahun. Jika betina bertanggung jawab untuk inkubasi, jumlah telur yang di hasilkan sekitar 30-50 telur per tahun.

Pemberian pakan untuk DOC bisa dengan pakan alami yang diolah dengan mesin pembuat pakan ayam.

Bisakah Ayam Bertelur Sendiri?

Ya, ayam atau ayam super native ini bisa mengerami seperti ayam kampung pada umumnya. Telur di inkubasi selama 21 hari dengan jumlah telur maksimal dalam satu kali inkubasi, kurang lebih 15 butir telur. Namun terkadang ayam bisa mengerami lebih dari 15 butir telur.

Ayam Joper ini sangat mirip dengan ayam buras, bisa kita lihat di inkubasi ini. Karena setiap ayam yang kami temukan memiliki kemampuan inkubasi yang berbeda.

Bagaimana Cara Menyingkirkan Kebrutalan Ayam Super Kampung

Untuk menghilangkan sifat inkubasi ayam, perlu pemberian parasetamol ayam sekitar 60-65 ml per berat badan ayam. Administrasi membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 11 hari. Pilihan lain yang lebih aman adalah mandi tiga kali sehari selama 6 hari berturut-turut.

Dengan cara ini ayam bisa bertelur kembali. Cara ini di rancang untuk memaksimalkan produktivitas ayam agar tidak menghabiskan banyak waktu untuk kegiatan yang tidak produktif seperti mengerami dan merawat anak ayamnya. Baca juga cara memelihara ayam potong agar dapat mengetahui lebih dalam.

Sekian artikel tentang perawatan induk ayam joper,semoga bermanfaat dan selamat mencoba.