Resep Sup Jagung Tanpa Ayam Yang Enak Dan Mudah Dibuat

Coba bikin resep sup jagung tanpa ayam yang satu ini. Cara membuatnya tidak terlalu sulit, kok. Mari kita simak disini.

Jagung

resep sup jagung tanpa ayam

Jagung (Zea mays ssp. Mays) merupakan salah satu tanaman penghasil kandungan karbohidrat utama di dunia, selain gandum dan beras. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, jagung merupakan makanan pokok, sebagian penduduk Afrika dan sebagian wilayah di Indonesia. Saat ini, jagung juga telah menjadi komponen penting dalam pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak nabati dan sebagai bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan jagung digunakan sebagai bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetik dan kimia.

Jagung merupakan model tanaman yang menarik, terutama dalam bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini telah menjadi objek penelitian genetika yang intens, dan membantu membentuk teknologi budidaya hibrida yang revolusioner. Dari segi fisiologi tumbuhan ini tergolong tumbuhan C4 sehingga sangat efisien dalam memanfaatkan sinar matahari. Dalam studi agronomi, respon dramatis dan karakteristik jagung terhadap defisiensi atau keracunan unsur-unsur yang tidak penting membuat jagung menjadi tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang masuk.

Untuk merontokkan jagung selain dengan manual menggunakan tangan, juga dilakukan dengan simpel menggunakan mesin perontok jagung

Sup Jagung Tanpa Ayam

resep sup jagung tanpa ayam

Sup jagung tanpa ayam adalah sup yang terbuat dari jagung, biasanya jagung manis dan sup ini tidak memakai ayam. Awalnya hanya populer di daerah penghasil jagung di dunia, hidangan ini sekarang tersebar luas karena distribusi jagung yang lebih besar. Bahan khasnya adalah jagung yang dipotong dari tongkolnya, air, mentega dan tepung, dengan garam dan merica sebagai bumbu. Bahan tambahan berbeda menurut wilayah, dan mungkin termasuk telur.

Manfaat Jagung

resep sup jagung tanpa ayam

1. Menjaga kesehatan mata

Warna kuning manis dan gurihnya diperkaya dengan vitamin C dan vitamin B.Vitamin C dalam jagung memberikan manfaat dalam mendukung perbaikan sel, meningkatkan khasiat tubuh, dan memiliki sifat anti penuaan. Sedangkan vitamin B penting dalam pengolahan energi.

Menariknya, meski terdengar mengejutkan, jagung merupakan sumber makanan yang kaya akan antioksidan untuk banyak biji-bijian sereal lainnya, seperti lutein, zeaxanthin, asam ferulic, dan beta-karoten.

Karotenoid (lutein, beta-karoten, dan zeaxanthin) diketahui mendukung sistem kekebalan tubuh dan telah terbukti menjadi vitamin penting untuk kesehatan mata. Kadar tinggi kedua karotenoid dalam darah ini sangat terkait dengan penurunan risiko degenerasi makula dan katarak.

2. Tinggi gula, tapi aman untuk gula darah

Komposisi nutrisi utama jagung adalah karbohidrat, sehingga cocok sebagai makanan pokok. Namun, tidak seperti karbohidrat olahan pada roti atau nasi putih yang cepat menguras energi, karbohidrat dalam jagung memberikan pasokan energi yang stabil dan tahan lama.

Hal ini dikarenakan karbohidrat yang terkandung dalam jagung merupakan salah satu jenis karbohidrat kompleks. Selain itu jagung juga mengandung serat dan protein. Kombinasi ketiga nutrisi jagung ini dicerna secara perlahan oleh tubuh, dan memberikan manfaat untuk mengontrol kadar gula darah karena saat tubuh sedang dalam kecepatan maka karbohidrat (glukosa) dipecah untuk dilepaskan ke aliran darah.

Meski kandungan gula dalam buah ini tergolong tinggi (2 gram per 100 gram), buah ini merupakan buah pangan dengan indeks glikemik tinggi. Itu sebabnya jika Anda memakan buah ini secara utuh, tidak akan menyebabkan gula darah Anda melonjak drastis.

Faktanya, makan buah ini dalam jumlah sedang telah terbukti dikaitkan dengan gula darah yang lebih baik pada penderita diabetes.

3. Melindungi dari resiko penyakit jantung

Antioksidan bermanfaat bagi kesehatan jantung karena membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu studi Food Science And Human Wellness menyatakan bahwa jagung penting dalam melindungi dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Penyakit jantung dan hipertensi (tekanan darah tinggi) saling terkait satu sama lain. Ini karena hipertensi merupakan salah satu faktor penyakit jantung. Tekanan darah tinggi dapat memperburuk kinerja jantung sehingga dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan pada jantung.

Jadi, dengan mengonsumsi jagung dan jenis sayuran lainnya, Anda bisa mendapatkan perlindungan nutrisi untuk jantung dari berbagai macam gangguan.

4. Menurunkan resiko kanker

Buat kamu yang penggemar berat jagung pasti paham apa sih sebenarnya sensasi perut kenyang yang super memuaskan meski hanya satu pelanggan yang memiliki telinga. Manfaat jagung yaitu membuat perut kenyang lebih lama berkat kandungan seratnya yang bisa mencapai sekitar 2 gram per gramnya.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa serat adalah salah satu nutrisi utama yang masuk ke sistem pencernaan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa buah ini dapat mendukung pertumbuhan bakteri ramah di usus besar dan juga dapat diubah oleh bakteri tersebut menjadi asam lemak rantai pendek, atau SCFA.

SCFA dapat membantu menurunkan risiko gangguan pencernaan, termasuk risiko kanker usus besar. Manfaat sistem pencernaan jagung juga bisa berasal dari sifat bebas glutennya.

Konsumsi gluten dikaitkan dengan berbagai gejala negatif, di antaranya perut kembung, kram, diare, sembelit, hingga nyeri dan masalah kulit.

Faktanya, efek ini tidak terbatas pada mereka yang memiliki penyakit Celiac atau alergi gluten. Ini membuat jagung atau tepung maizena menjadi alternatif yang baik untuk gandum atau makanan lain yang mengandung gluten.

Resep Sup Jagung Tanpa Ayam

Bahan-bahan Yang Diperlukan Yaitu:

  • 2 buah Jagung Manis
  • 1 butir Telur
  • 2 liter Air
  • 2 sendok makan Tepung Kanji
  • 3 siung Bawang Putih
  • 2 cm Jahe
  • secukupnya Gula
  • secukupnya Merica Bubuk
  • secukupnya Garam

Cara Membuatnya Yaitu:

  1. Cuci bersih jagung manis lalu serut jagung menggunakan pisau.
  2. Didihkan air, pesan bawang putih dan jahe yang telah diiris. Lalu yang dicukur. Masak dengan api sedang sampai jagung matang.
  3. Lelehkan pati dengan udara secukupnya. Masukkan dalam rebusan jagung sambil terus diaduk. Tambahkan gula dan garam.
  4. Pecahkan telur, lalu kocok dan masukkan ke dalam rebusan jagung sambil diaduk hingga membentuk serat.
  5. Angkat dan sajikan. Anda bisa menambahkan merica bubuk jika suka.

Itu tadi resep sup jagung tanpa ayam yang enak dan mudah dibuat. Semoga apa yang Saya sampaikan ini bisa bermanfaat. Jika, Anda ingin mengetahui tentang resep sup jagung ayam Anda bisa membaca artikel tentang  sup jagung ayam. Semoga bermanfaat.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_