Fitur Google Maps

Aplikasi Google Maps tentunya menjadi salah satu aplikasi yang biasanya ada ketika membeli smartphone baru. Karena biasanya aplikasi ini menjadi satu paket dengan aplikasi-aplikasi Google lainnya. Kegunaan aplikasi Google Maps tentu sudah banyak yang tahu. Dimana bisa digunakan untuk sebagai navigasi atau peta online ketika ingin pergi menuju alamat atau tempat tertentu. Cara penggunaannya terbilang simple. Cukup dengan mengetikkan alamat atau tempat yang ingin dituju pada kolom pencarian, maka akan muncul rute yang bisa kita ikuti.

 

Di dalam Google Maps sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bermanfaat, seperti bisa melihat kemacetan, menemukan restoran, hotel, atau pom bensin terdekat, hingga menemukan lokasi rumah yang spesifik juga bisa. Namun perlu diketahui, fitur yang dimiliki oleh Google Maps tidak hanya sebatas itu saja. Karena ada banyak fitur Google Maps yang biasanya jarang dipakai oleh sebagian besar orang, padahal manfaat dari berbagai fitur tersebut juga tidak kalah bagus.

 

Lantas fitur-fitur tersembunyi apa sajakah yang belum diketahui tersebut? Berikut ini diantaranya:

 

  • Dapat melihat lokasi orang lain secara real time.

Anda bisa memanfaatkan fitur Location Sharing pada Google Maps untuk memberikan informasi lokasi secara real time dalam jangka waktu tertentu.

 

  • Dapat diakses tanpa harus memiliki kuota.

Pilih menu “offline maps” agar bisa mengakses peta lokasi tanpa harus menggunakan kota data. Kemudian pilih “download offline map” dan atur sejauh mana peta yang ingin diunduh.

 

  • Bisa menjadikan pengguna sebagai reviewer.

Google Maps menawarkan penggunanya untuk menjadi local guide dengan menuliskan review mengenai lokasi yang dikunjungi dengan bisa memberikan rating, menyertakan foto atau video juga.

 

  • Bisa langsung pesan transportasi online dari Google Maps.

Untuk memanfaatkan fitur ini caranya cukup mudah. Anda cukup membuka Google Maps, kemudian pilih tempat tujuan. Setelah itu klik opsi “Direction” untuk melihat informasi transportasi online pada tab paling kanan.

 

  • Bisa pesan restoran tanpa perlu mengantri.

Google Maps menyediakan fitur reservasi restoran yang bisa Anda gunakan untuk pesan restoran tanpa perlu antri. Caranya dengan mencari nama restoran, kemudian pilih tab “Explore” agar bisa melihat restoran terdekat.

 

  • Bisa melihat riwayat lokasi yang sudah dikunjungi.

Untuk memanfaatkan fitur ini, caranya dengan pilih “Menu”, kemudian klik opsi “Your timeline”. Pilih tanggal sesuai dengan keinginan maka akan tampil di layar riwayat lokasi yang pernah dikunjungi.

 

Itu tadi fitur Google Maps yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!.