Pentingnya Rekening Koran untuk Bisnis

Rekening koran adalah Info berisi aktivitas finansial nasabah yang dicetak oleh bank dan diberikan kepada nasabah tersebut. Komponen di dalamnya tidaklah berbeda dari buku tabungan. Keduanya sama-sama berisi tanggal transaksi, mutasi debit, mutasi kredit , mutasi rekening dan saldo.

Bedanya adalah misalnya buku tabungan diberikan kepada nasabah perorangan, maka rekening koran diberikan kepada nasabah korporasi.

Idealnya, ia dicetak secara berkala dan dikirim langsung ke pemegang rekening. Namun, Anda termasuk bisa menghendaki pihak bank untuk mencetak rekening koran cuma ketika Anda memintanya.

Ia memiliki berbagai kegunaan untuk kemajuan bisnis. Berikut adalah sebagian di antaranya.

Rekening Koran Menyediakan Informasi Finansial

Pada dasarnya, kegunaan rekening koran tidak jauh berbeda dari buku tabungan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, rekening satu ini berisi semua aktivitas transaksi secara lengkap. Melalui rekening ini pula, Anda bisa memperoleh Info berbentuk biaya administrasi hingga bunga yang diperoleh setiap bulannya.

Berkat adanya rekening ini, Anda pun tahu secara teliti mengenai Info finansial perusahaan dan transaksi finansial apa yang sudah ditunaikan di dalam kurun selagi tertentu. Hal ini amat mungkin Anda untuk memantau kondisi finansial perusahaan sehingga bisa langsung menyita ketetapan terkecuali ditemukan knowledge yang kurang sesuai.

Melakukan Pengajuan Pinjaman

Setiap pebisnis pasti menginginkan mengembangkan bisnisnya. Untuk laksanakan tersebut, kebanyakan mereka mengajukan pinjaman dana ke bank. Dana ini kebanyakan bakal digunakan sebagai modal. Pihak bank pasti menginginkan tahu apakah Anda memiliki riwayat finansial yang baik bersama dengan menghendaki Anda untuk menyatakan rekening koran. Dari rekening tersebut, pihak bank bisa mendapat Info mengenai aktivitas transaksi perusahaan Anda.

Pembuktian Hukum

Rekening koran termasuk bisa Anda memakai sebagai bukti hukum. Hal ini kebanyakan berlangsung di dalam transaksi online. Katakanlah Anda baru saja belanja sebagian perabotan untuk kantor di sebuah toko online. Sebagai transaksi belanja, Anda laksanakan pembayaran secara transfer.

Namun, sehabis sebagian minggu, barang yang dipesan tak kunjung datang. Ketika dikonfirmasi, pihak toko online mengatakan bahwa mereka mulai tak pernah terima transfer. Di sinilah rekening koran bisa menolong Anda untuk menyatakan bahwa Anda sudah laksanakan pembayaran yang sah sebelumnya.

Mencocokkan Transaksi Bisnis

Dalam bisnis, ada sebuah aktivitas finansial bernama rekonsiliasi bank, yaitu merinci dan sesuaikan perbedaan pada catatan transaksi bank. Tujuannya adalah mencocokkan pada catatan transaksi yang ditunaikan perusahaan bersama dengan catatan yang ditunaikan oleh bank di dalam rekening koran.

Dengan kata lain, rekening koran berperan perlu di dalam sediakan Info untuk sistem rekonsiliasi bank. Agar knowledge yang disajikan lebih safe dan akurat, Anda bisa memakai fitur Integrasi Bank Online pada software Sleekr Accounting.

Fitur ini bisa laksanakan integrasi pada rekening koran BCA atau CIMB Niaga melalui integrasi API. Nantinya, pihak bank bakal beri tambahan kode otentikasi integrasi berbentuk rahasia kepada Anda.

Selain itu, pihak bank termasuk cuma bakal mengirimkan knowledge mutasi rekening kepada Sleekr sebagai pihak ketiga. Penerapan integrasi API bisa menjamin keamanan dan privasi knowledge rekening koran Anda.

Keperluan Audit

Demi meyakinkan bahwa sebuah bisnis beroperasi bersama dengan mematuhi peraturan yang ada, maka dilakukanlah audit. Audit bisa disimpulkan sebagai kontrol laporan keuangan untuk beri tambahan pendapat atas kebenaran penyajian laporan keuangan perusahaan.

Rekening koran bisa menolong Anda meyakinkan bahwa transaksi yang berlangsung sudah sesuai bersama dengan catatan laporan keuangan perusahaan Anda disebut termasuk bersama dengan rekonsiliasi bank layaknya yang dijelaskan sebelumnya. Dengan knowledge finansial yang sesuai, kemungkinan untuk lolos audit pun tambah besar.

Meski kemungkinan terkesan sepele atau sederhana, ternyata rekening koran memegang kegunaan yang cukup perlu pada bisnis. Jadi, mulai sekarang, usahakan untuk teratur mencetak knowledge transaksi di rekening koran Anda. Pastikan tidak ada knowledge yang timpang pada rekening bersama dengan laporan keuangan perusahaan.