Panduan Mengetahui Online Shop Asli dan Palsu di Shopee

Sangat pesatnya pertumbuhan online shop di Indonesia ini tidak terbendung lagi, beraneka macam cara ditunaikan oleh para netizen untuk menjajakan barang, ada yang bersama cara biasa saja, dan ada juga bersama cara yang di luar kebiasaan.

Dalam belakangan ini banyak sekali dropshiper yang “nyampah” di marketplace di Indonesia, khususnya di Shopee. Mereka itu lakukan scraping produk orang lain dan dipajang di Shopee. Singkatnya, si orang ini lakukan copy-paste produk banyak orang ke tokonya di Shopee. Jangan memikirkan ini ditunaikan 1-1 ya, karena akan terlalu melelahkan, mereka melakukannya bersama mudah, memakai software. Produk yang diupload sanggup ribuan lohhh..

 

Setelah itu dia jadi deh berjualan tanpa mempunyai produk bersama skema dropship biasa, menjadi kalau ada pesanan masuk, dia akan mengontak supplier (toko yang asli) untuk mengirimkan barangnya menuju pelanggan tersebut.

Apakah legal? atau melanggar peraturan? Sebenarnya perihal itu tidak melanggar ketetapan Shopee, buktinya para dropship scraper itu masih saja merajalela di Shopee.. Namun yang menjadi persoalan adalah para kastemer yang akan terganggu kenyamanannya oleh para scraper ini.

Baca juga : cara dropship di shopee

 

Beberapa hal yang mengurangi kenyamanan berbelanja di Shopee akibat para scraper ini adalah:

  • terlalu banyak produk yang sama dijual di Shopee, membingungkan pembeli untuk memilih
  • sulit mencari harga terbaik (bukan termurah ya), terbaik di sini berarti dengan harga yang tercantum mendapatkan sesuai dengan yang dijanjikan
  • pengiriman lambat, masih mending kalau pengirimannya lambat. Tapi kalau sudah transfer, tapi barang ga dikirim dan transaksi dibatalkan setelah beberapa hari bagaimana? pasti pembeli gondok.
Sebelum membahas poin utamanya, kita samakan dulu definisi ya…
  • Toko online asli adalah toko yang menjual sebagian besar barangnya langsung ke penjual, memiliki gudang penyimpanan, memiliki stok yang siap untuk dijual
  • Toko online palsu adalah toko yang scraping toko orang lain, untuk dia jual dengan sistem dropship. Tidak memiliki stok asli sebanyak jumlah produk yang di-upload.
berikut tips memilih toko online shop “asli” atau “palsu” di Shopee:

1. Lihat jumlah produk, bandingkan dengan penjualan/penilaian

    • Jika jumlah produk JAUH LEBIH BANYAK dari jumlah penilaian, kemungkinan besar toko ini palsu
      contoh toko online palsu di Shopee
      contoh toko online palsu di Shopee


    • Jika jumlah produk JAUH LEBIH SEDIKIT dari jumlah penilaian, kemungkinan besar toko ini asli
      contoh toko online asli terpercaya di Shopee
      contoh toko online asli terpercaya di Shopee


    • Jika jumlah produk & jumlah penilaian SAMA SAMA BANYAK, kemungkinan besar toko ini asli

2. Pengiriman cepat

    • Toko palsu: karena tidak memiliki barangnya sendiri, biasanya akan lambat dalam mengirimkan barangnya, jadi jika Masa Pengemasan lebih dari 2-3 hari, kemungkinan toko in palsu.
      pengiriman lambat ciri toko online palsu
      pengiriman lambat ciri toko online palsu
    • Toko asli: karena stok barang ready dan siap bungkus untuk dikirim, kebanyak toko asli akan memiliki reputasi Masa Pengemasan 1 hari.

3. Nilai penilaian

    • Toko palsu biasanya memiliki penilaian yang rendah, ambil nilai 4.0 bintang sebagai patokan atas, hal ini terjadi karena pengiriman yang lambat, membuat pelanggan enggan memberi penilaian 5 bintang
    • Toko asli akan memiliki penilaian yang tinggai, karena selain pengirimannya yang cepat, toko asli akan mudah memperbaiki kesalahan jika ada pelanggan yang mengeluhkan pesanannya

4. Official Shop

    • Offical Shop adalah toko online yang menjalin kerja sama langsung dengan Shopee, atau dengan kata lain Official Shop ini memiliki kepercayaan dari pihak Shopee langsung. Jadi ga perlu ragu untuk belanja di Official Shop, karena sudah jaminan dari Shopee.
      Official Shop di Shopee Toko Online terpercaya
      Official Shop di Shopee Toko Online terpercaya
Itulah tips singkat untuk kita berbelanja aman dan nyaman di Shopee dengan memilih mana toko online asli atau toko online palsu.