Mengenal Beberapa Bagian – Bagian Alat Defibrillator

Defibrillator merupakan satu alat medis yang banyak digunakan di Rumah Sakit, Klinik dan bahkan diluar dari pusat – pusat layanan kesehatan. Defibrillator digunakan di Sekolah, Mall, Hotel, Resort dan tempat lain yang banyak dijunjungi orang. Mengapa demikian ? Karena Defibrillator adalah peralatan medis yang termasuk alat keselamatan darurat khususnya untuk serangan jantung mendadak yang bisa terjadi dimana saja.

Bagian – Bagian Defibrillator

Para pembaca sekalian, pada kesempatan kali ini perkenankanlah kami berbagi informasi seputar defibrillator yaitu mengenal bagian – bagian defibrillator. Perlu diketahui, ada beberapa macam atau jenis alat defibrillator. Namun demikian, bagian defibrillator tidak terlalu jauh berbeda. Berikut ini beberapa bagian – bagiannya :

# Main Unit (Mesin Defibrillator)

Kalau kita anggap defibrillator seperti komputer, maka CPU ini lah yang kita sebut sebagai Mesin Defibrillator atau Main Unit. Satu kumpulan komponen terpadu yang memiliki peran sebagai inti dari alat ini. Didalamnya terdapat berbagai macam panel yang terpadu dalam satu sitem tertentu. Di dalam Main Unit ini terdapat beberapa komponen sistem.

  • Sistem Pengaturan Daya
  • Sistem Analisa deteksi Aritma
  • Sistem Kejut
  • SIstem Pengaturan Seleksi Energi
  • Sistem monitoring

# Baterai Defibrillator

Komponen yang harus ada di dalam satu Unit alat defibrillator adalah Baterai. Tentu saja, tanpa baterai Defibrillator tidak dapat berfungsi untuk memberikan kejutan listrik. Baterai Defibrillator Manual atau Baterai AED memiliki umur simpan sekitar 5 tahun. Anda harus menggantinya dengan baterai yang baru setelah disimpan selama 5 tahun. Hal ini karena dapat memperngaruhi performa alat.

# Paddle atau Pads Elektroda

Komponen ini adalah sebuah konduktor yang berfungsi untuk menyalurkan Energi Listrik dari mesin defibrillator pada tubuh pasien. Kompoen memiliki bentuk yang berbeda pada Defib manual dan Defib otomatis (AED). Meskipun demikian, alat ini memiliki fungsi yang sama dalam proses defibrilasi.

Kalau kita lihat berbagai macam model alat defibrillator, baik itu defibrillator manual ataupun AED. Semuanya memiliki komponen yang sama yaitu tiga macam komponen inti yang telah kita jelaskan tadi. Selebihnya, hanya fitur dan aksesoris penunjang. Sekian pembahasan kita pada kesempatan ini semoga bermanfaat !