Resep Sate Telur Puyuh Bumbu Kuning yang Mudah

resep sate telur puyuh bumbu kuning

Resep sate telur puyuh bumbu kuning – Sate telur puyuh bumbu kuning ini biasa dijadikan lauk makan kuah bening, seperti Soto Seger Boyolali, Soto Semarang atau Soto Kudus. Cara membuat sate telur puyuh bumbu kuninng sangatlah mudah.Rasanya sangat gurih, dan mudah disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Telur merupakan salah satu lauk pauk favorit di banyak kalangan. Selain menyehatkan, kaya nutrisi dan sumber protein, telur juga memiliki cita rasa yang menggugah selera. Salah satu bahan pangan hewani ini juga disukai para ibu rumah tangga dan menjadikannya sebagai menu masakan sehari-hari

Keunggulan lain bahan makanan berbentuk oval atau lonjong adalah sangat praktis untuk berbagai varian menu. Misalnya, telur goreng bisa Anda sajikan untuk seluruh keluarga dalam waktu kurang dari lima menit. Anda juga bisa memasukkan telur ke dalam air panas selama kurang lebih 15 menit tanpa menambahkan bahan lain untuk memasak telur.

Mencicipi varian baru masakan sate telur puyuh bumbu kuning

Namun, bagi yang bosan dengan menu telur dadar dan telur rebus, tidak ada salahnya membuat telur sayur dengan kuah kuning. Kuning telurnya memiliki rasa yang gurih, gurih dan segar. Warna kuah kuning dari kunyit menambah nafsu makan dan bisa langsung disantap. Nah kali ini kita coba, yuk ganti telur puyuh, temp kacang, telur dengan sop kuning di rumah.

Menjaga bahan-bahannya sederhana, resep sate telur puyuh bumbu kuning dengan sajian ini dapat memberikan manfaat yang membantu menjaga kesehatan manusia. Anda bisa menggunakan 16 bahan dan 7 tahap pembuatan untuk menyiapkan telur puyuh, kacang-kacangan, dan sambal kuning.

Sajikan dan nikmati sate telur puyuh dengan berbagai bumbu. Mulailah dengan sate telur puyuh ala Jogja, sate telur puyuh bumbu kuning dan sajian sate telur puyuh merah pedas yang nikmat. Cek di bawah resep yang cocok untuk Anda.

Mungkin anda tertarik : Resep Sate Telur Puyuh Lezat dan Sederhana Menggunggah Selera

Bahan

  • 25 butir telur puyuh, rebus, kupas
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • Minyak Goreng untuk menumis

Bumbu halus

  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun salam hingga harum;
  2. Tuang santan, didihkan dengan api kecil sambil diaduk
  3.  Masukkan telur puyuh, aduk-aduk
  4. Beri garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk-aduk
  5. Masak hingga bumbu meresap dan santan mengental sambil sesekali diaduk
  6. Tusuk telur puyuh dengan tusukan sate
  7. Sajikan sate telur puyuh bumbu kuning selagi hangat beserta taburan bawang goreng

Ada Varian Masakan Sate Telur Puyuh yang Perlu Anda Ketahui: Sate Telur Puyuh Goreng

resep sate telur puyuh bumbu kuning

Sate kok digoreng? Begitulah pertanyaan yang terbesit dibenak anda ketika pertama kali mendengar Sate Telur Puyuh Goreng. Ya, mungkin sate telur puyuh bayang-bayang itu telur puyuh rebus, kupas dan ditusukkan dengan tusuk sate. Hal tersebut wajar karena ada sate telur puyuh yang beredar di lingkungan kita seperti itu.

Untuk yang satu ini agak berbeda dengan apa yang kita kenal sate telur puyuh. Sate telur puyuh yang satu ini cara memasaknya berbeda dengan sate telur puyuh diatas, yaitu menggunakan wajan khusus yang juga bisa digunakan sebagai cetakan.

Wajan dengan cetakan khusus digunakan untuk mencetak telur puyuh. Sebelum meletakkan telur satu per satu, sambungkan seutas tusuk sate ke gagang sate. Panaskan wajan dengan suhu sedang hingga panas.

Masukkan telur puyuh ke dalam mesin sate telur puyuh dan masak perlahan. Masak telur hingga bagian dasarnya matang dan keras, lalu balikkan sate telur agar matang merata.

Baca Juga : Cara Membuat Milk Tea Boba