Produk Hasil Olahan Kelapa yang Perlu Anda Ketahui

hasil olahan kelap

Hasil olahan kelapa – Tanaman kepala adalah tumbuh di negara tropis yang akrab dan umum di Indonesia. Tanaman dengan batang tinggi biasanya tumbuh di pantai. Namun, pohon kelapa juga bisa tumbuh di perkebunan bahkan di pemukiman penduduk.

Dapat dikatakan bahwa pohon kepala merupakan salah satu tumbuhan dengan ciri khas yang unik. Dari bentuk batang yang tumbuh tinggi dan menjulang, bentuk daun yang panjang, sejajar yang berbeda dengan tanaman lain, hingga buah yang memiliki struktur berlapis-lapis. Secara umum, pohon kelapa memiliki bentuk yang indah.

Indonesia telah memproduksi kelapa olahan sejak zaman dahulu. Salah satu prasasti Sima tahun 600-an menunjukkan bahwa kelapa olahan digunakan untuk jamuan makan besar.

Hingga saat ini, permintaan kelapa terus meningkat. Dengan produksi 18,3 ton per tahun di atas lahan seluas 3,7 juta hektar, Indonesia merupakan penghasil kelapa terbesar di dunia.

Baca Juga : Jajanan Ala Angkringan, Begini Cara Membuat Sate Telur Puyuh

Apa Saja Produk Hasil Olahan Kelapa Itu?

Dari berbagai sumber telah kami rangkum dengan apik, simak penjelasanproduk hasil olahan kelapa dibawah ini yaa.

1. Minyak kelapa murni / Virgin Coconut Oil (VCO)

Minyak kelapa diproduksi dalam proses emulsi untuk menghasilkan minyak transparan dengan banyak manfaat. Kandungan asam lemak yang baik dapat meningkatkan kadar HDL dalam darah, yang membuat jantung kita lebih sehat.

Kandungan asam laurat atau monolaurin dalam minyak kelapa murni bermanfaat untuk melawan bakteri, jamur dan virus. Anda bisa meminum minyak ini 3 kali sehari saat sakit untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Air kelapa

Mineral dalam air kelapa mirip dengan elektrolit dalam tubuh manusia. Banyak minuman elektrolit menggunakan air kelapa.

Merasa lelah setelah berolahraga, minum air kelapa bisa mengembalikan stamina. Air kelapa mengandung ion alami yang dibutuhkan tubuh. Ion-ion ini berperan dalam menghilangkan dehidrasi dan memulihkan daya tahan tubuh.

Dikutip dari Lanny Linggi, Ph.D., Coconut Therapy for Health and Beauty: Air kelapa diserap oleh sel-sel tubuh untuk menciptakan sensasi kesegaran. Asal tahu saja, satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 46 kalori.

Air kelapa mengandung banyak potasium, sehingga dapat menjaga keseimbangan pH dalam tubuh. Inilah yang memungkinkan air kelapa mengontrol dan mengurangi risiko asam lambung.

3. Daging Kelapa

Daging kelapa bisa dimakan mentah. Biasanya daging kelapa muda diubah menjadi koktail yang menyegarkan. Sedangkan kelapa tua sering diparut dan digunakan sebagai isian masakan tradisional. Daging kelapa bisa diolah sebagai camilan sehari-hari. Dagingkelapa dikeluarkan dari tempurung dan kemudian dikeringkan atau dibuat menjadi makanan yang dipanggang atau dipanggang.

Kandungan mangan dan tembaga pada ampas kelapa bermanfaat bagi kesehatan. Dan juga tinggi serat dan selenium, yang bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

4. Sabut dan tempurung kelapa

Sabut kelapa dapat digunakan sebagai media tanam tanaman hias yang disebut kelapa. Tempurung kelapa dapat diolah seperti briket arang tempurung, yaitu sebagai bahan bakar alternatif pengganti minyak tanah. Sejak zaman dahulu, sabut kelapa telah banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai kerajinan.

Dan berupa peralatan rumah tangga seperti sapu dan permadani, dan kebutuhan pokok seperti tas dan dompet, pajangan dan dekorasi, serta spring bed, bantal, karpet, jok, dashboard kendaraan dan sebagainya. Di kolam yang baru dibangun, bau semen bercampur air bisa membunuh ikan. Sabut kelapa dapat digunakan untuk mengatasi bau ini. Selain itu, sabut kelapa menetralkan air di kolam yang baru dibuat.

5. Nira kelapa

Sari Nira kelapa adalah cairan yang diekstrak dari bunga kelapa (mayang) yang memiliki kadar gula tinggi. Sari nira kelapa ini diolah menjadi gula kelapa dan bisa diolah menjadi gula pasir, sirup, bahan baku kecap, dan bumbu kuliner.

Turunan nira kelapa adalah bioetanol (pengganti kompor bensin dan gas), yaitu nira kelapa yang difermentasi sedemikian rupa sehingga dapat dihasilkan bioetanol darinya.

Bioetanol atau biasa disebut alkohol merupakan produk yang digunakan dalam bidang kimia, kedokteran, kosmetik, dll.

6. Batang pohon kelapa

Kemudian produk yang paling banyak digunakan dan paling mudah digunakan adalah batang pohon kelapa. Pengolahan kayu kelapa dapat digunakan sebagai kerajinan tangan, mebel dan bahan bangunan.

Berbagai belahan dunia saat ini sedang mencari produk olahan kelapa dan tidak dipungkiri permintaannya akan terus bertambah. Meski tidak mudah menembus pasar ekspor global, namun perusahaan pengolah kelapa optimis dengan peluang memasuki pasar ekspor global.

Diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan badan usaha agar produknya bisa diekspor untuk produk kelapa ini.

Selanjutnya artikel lain yang mungkin anda tertarik Begini Resep Mudah Pembuatan Boba Dengan Beberapa Langkah Saja