Bagaimana Jika Tidak Lolos Saat Pengumuman SBMPTN 2021?

Pengumuman SBMPTN 2021 akan dilakukan pada tanggal 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB. Melihat dari SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, biasanya peserta yang lolos adalah sekitar 20% dari jumlah keseluruhan peserta. 

Artinya, akan ada banyak peserta yang tidak lulus. Jumlahnya melebihi jumlah peserta yang lulus. Akan ada banyak hati yang patah dan akan ada banyak hati yang bersedih. Meski begitu, bangkit adalah suatu keharusan. Karenanya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika tidak lolos pada pengumuman SBMPTN 2021. 

Selamat sudah lolos dalam pengumuman SBMPTN

Lampiaskan Kemarahan Terhadap Pengumuman SBMPTN 

Hal pertama yang bisa kamu pilih untuk lakukan adalah melampiaskan kemarahan. Gagal memang mengecewakan dan wajar saja jika kamu marah. Mau sedih pun boleh-boleh saja karena gagal itu sungguh menyedihkan. 

Satu hal yang perlu diingat adalah baik marah ataupun sedih, jangan sampai berlarut-larut karena kamu juga harus bangkit dan lalu kembali merencanakan langkah selanjutnya. 

Ikut Ujian Mandiri 

Setelah puas marah-marah, kamu bisa mulai mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian mandiri. Berhubung beberapa universitas tidak mengadakan ujian tulis dan memilih untuk menggunakan nilai UTBK sebagai bahan seleksi, kamu jadi tidak perlu belajar sampai jumpalitan lagi. 

Tentu saja akan berbeda jika kamu memilih untuk mendaftar ke universitas yang mengadakan ujian tulis. Jika keadaannya seperti itu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya kamu tidak gagal lagi.

Daftar Universitas Swasta

Pilihan lain yang bisa kamu ambil adalah mendaftarkan diri ke universitas swasta. Pilihan ini merupakan langkah yang perlu kamu pertimbangkan mengingat biasanya universitas swasta bukanlah pilihan pertama ketika hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Padahal, banyak universitas swasta di Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dan bahkan menyaingi universitas negeri. Sebut saja Universitas Multimedia Nasional, President University, dan banyak universitas swasta lainnya yang patut dijadikan target incaran.

Ambil Istirahat Setelah Pengumuman SBMPTN

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengambil waktu untuk beristirahat. Kamu telah berjuang dan kini kamu sedang mengalami kondisi yang melelahkan baik secara fisik maupun mental. 

Istirahatkan sejenak pikiranmu dalam satu atau dua minggu. Jauhkan sejenak pikiranmu dari hal-hal berbau masuk ujian masuk perguruan tinggi. Lakukan hal-hal yang selama ini tertunda oleh sibuknya persiapan ujian. Baru setelah istirahat yang cukup tadi, kembalilah untuk mematangkan persiapan mengikuti seleksi masuk kampus. 

Coba Lagi Tahun Depan

Jika pilihan di atas tadi tidak ada yang berhasil membuatmu sreg, kamu bisa mengambil opsi untuk mengikuti lagi ujian masuk perguruan tinggi negeri edisi tahun depan. Pilihan ini bisa kamu manfaatkan untuk mempersiapkan diri secara lebih maksimal karena kamu memiliki waktu yang cukup panjang. Kamu bisa ikut bimbel online, bimbel di dekat rumah, dan berbagai persiapan lainnya.

Sekian tadi hal-hal yang bisa kamu lakukan jika kamu gagal lolos pada pengumuman SBMPTN 2021. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Tetap semangat!