Mengapa AC Mobil Tidak Dingin?

Salah satu kendaraan yang sering dipakai oleh masyarakat di Indonesia adalah mobil. Kemanapun perginya, mobillah yang menjadi andalan. Bagi beberapa orang, mengendarai mobil pada waktu siang hari sangatlah nyaman jika menggunakan AC. Namun, bagaimana jika AC mobil tidak dingin? Pastinya perjalanan akan terganggu, terlebih jika di kota – kota besar seperti Jakarta.

Keadaan AC dalam mobil yang tidak dingin menyebabkan para penumpang menjadi dilema, tak jarang mereka terpaksa membuka jendela guna mendapatkan sejuknya angin dari luar mobil. Namun, suhu saat di luar mobil justru membuat panas, belum lagi jika keadaan di jalan sedang macet akan membuat penumpang menjadi gerah dan berkeringat.

Beberapa Penyebab AC Mobil Yang Tidak Dingin

Perjalanan akan terganggu dengan kondisi AC yang tidak dapat menyala dengan baik. Kemacetan yang terjadi pun membuat penumpang menjadi bosan. Namun sebenarnya, kondisi AC di dalam mobil akan tetap dalam kondisi dingin jika pemilik mobil rutin melakukan service AC mobil. Keadaan AC mobil yang tidak dingin disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya :

Kondensor kotor

Kondensor mobil yang kotor dapat menyebabkan AC di dalamnya mudah rusak, terlebih jika kondensor dalam posisi yang sudah berkarat. AC tidak dapat berfungsi dengan baik untuk membuang panas yang berasal dari gas sehingga AC di dalam mobil kurang dingin.

Freon habis

Pada dasarnya Freon yang berada di dalam mobil tidak dapat habis jika tidak terjadi kebocoran. Lalu, bagaimana kebocoran bisa terjadi? Kebocoran Freon terjadi di sambungan pipa yang ring nya sudah lapuk karena usia, atau bisa juga karena kerusakan pada kompresor.

Fanbelt putus

Penyebab lainnya yang dapat membuat AC di dalam mobil menjadi tidak dingin adalah kondisi fanbelt yang terputus. Fanbelt atau yang biasa disebut dengan drivebelt merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyalurkan putaran mesin untuk kompresor. Dalam hal ini, fanbelt memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kerja AC mobil.

Jika pada mobil anda didapati penyebab seperti diatas, sebaiknya segera untuk melakukan perbaikan atau service AC dalam mobil agar tetap nyaman ketika dalam perjalanan.