Tempat Menarik Yang Harus Dikunjungi di Kota Hanoi

Vietnam merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Indochina. Negara ini merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke 15 dengan penduduk berjumlah 95,5 juta jiwa menurut sensus tahun 2018. Bernama resmi Republik Sosialis Vietnam, negara ini berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di utara, Laos dan Kamboja di sebelah barat, dan laut China Selatan serta Teluk Siam di timur dan selatan.

Republik Sosialis Vietnam beribukota di Hanoi, yang merupakan kota terbesar kedua di Vietnam. Sementara kota terbesarnya adalah Ho Chi Minh City yang sebelumnya dikenal dengan nama kota Saigon. Terletak di semenanjung Indochina, Vietnam juga merupakan salah satu destinasi wisata di Asia Tenggara. Wisata ke Vietnam cukup diminati karena biaya untuk berlibur tergolong murah namun tetap menawarkan berbagai wisata yang menarik.

Salah satu destinasi wisata di Vietnam adalah ibukotanya, Hanoi. Kota ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup digemari jika berkunjung ke Vietnam. Berbagai agen wisata umumnya memasukkan kota Hanoi dalam paket tour Asia sebagai salah satu tujuannya. Kota ini memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, beberapa diantaranya adalah:

Danau Hoan Kiem

Danau Hoan Kiem merupakan danau yang sangat populer untuk liburan keluarga di kota Hanoi. Di tengah-tengah danau terdapat sebuah pulau kecil dengan bangunan yang dinamakan Thap Ruai atau menara kura-kura. Kemudian ada juga kuil Ngoc Son di tengah danau yang bisa dilalui dengan menggunakan jembatan. Selain terkenal sebagai tempat liburan keluarga, danau ini terkenal dengan legenda tentang Raja Le Loi dan kura-kura emas.

Benteng Thang Long

Benteng Thang Long merupakan sebuah bangunan bekas benteng pada masa kerajaan. Bangunan ini didirikan pada masa dinasti Ly dan terus digunakan hingga masa pemerintahan dinasti Nguyen di Vietnam. Pada tahun 1810, bangunan ini ditinggalkan ketika dinasti Nguyen memindahkan ibukota ke kota Hue. Ketika perang dunia kedua, bangunan ini dijadikan penjara oleh Jepang. Setelah perang berakhir, bangunan ini dipugar dan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Pagoda Tran Quoc

Pagoda Tran Quoc merupakan salah satu pagoda tertua yang ada di kota Hanoi. Dibangun sebagai peribadatan untuk agama Budha, pagoda ini terletak di sebuah pulau kecil di danau Ho Tay. Bangunan pagoda ini cukup mencolok dengan warna merah dan memberikan kesan yang indah sebagai landmark kota Hanoi ketika matahari tenggelam. Memiliki gaya arsitektur khas China, bangunan pagoda ini memiliki 11 lantai dengan patung Budha yang duduk diatas teratai.

Mausoleum Ho Chi Minh

Mausoleum Ho Chi Minh adalah monumen sekaligus makam dari Ho Chi Minh yang merupakan presiden pertama Vietnam Utara. Jenazah presiden Ho Chi Minh diawetkan pada peti kaca dan diletakkan di bagian utama Mausoleum ini. Mausoleum ini merupakan salah satu objek wisata terkenal di Hanoi. Walaupun termasuk objek wisata yang ramai, pengunjung yang datang tidak diperbolehkan mengambil gambar di makam Ho Chi Minh maupun berbicara di dalam Mausoleum dan hanya diperkenankan untuk berdoa selama 5 menit.

Museum Ethnology Vietnam

Museum Ethnology Vietnam merupakan sebuah museum tentang 54 etnis grup yang ada di Vietnam. Bangunan museum ini berada di distrik Cau Giay dengan luas 43.799 meter persegi. Museum ini berisi berbagai kebudayaan dari 54 etnis yang tersebar di seluruh Vietnam dan memiliki koleksi hingga 50.000 objek. Kompleks museum ini juga menampilkan banyak replika rumah adat dari beberapa etnis di Vietnam.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *