5 Tempat Wisata Menarik Di Kota Amsterdam

Amsterdam merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di Belanda. Kota metropolitan yang merupakan bagian dari provinsi Noord-Holland ini memiliki penduduk lebih dari 2 juta jiwa dengan luas area metropolitannya sekitar 2580 kilometer persegi. Ibukota negara Belanda ini sering disebut-sebut sebagai Venesia dari Utara karena banyaknya kanal air yang tersebar di berbagai tempat di Amsterdam.

Sebagai pusat komersial utama di Belanda, kota Amsterdam juga merupakan salah satu pusat komersial di wilayah Eropa Barat. Dengan statusnya sebagai pusat komersial, Amsterdam juga menjadi rumah bagi berbagai perusahaan raksasa dunia seperti Philips, AkzoNobel, dan ING. Selain itu beberapa perusahaan multinasional menempatkan kantor pusatnya di Amsterdam seperti Netflix, Uber, dan Tesla.

Lokasi kota Amsterdam dahulunya merupakan sebuah desa nelayan pada abad ke 12 yang berkembang menjadi kota pelabuhan terpenting pada abad 17. Perencanaan kota Amsterdam cukup baik dan teratur dengan berbagai fasilitas serta transportasi publik yang terintegrasi. Dengan transportasi yang terintegrasi tersebut, maka wisatawan dapat dengan mudah mengunjungi berbagai tempat wisata di kota Amsterdam.

Amsterdam sebagai ibukota negara Belanda memiliki banyak tempat menarik yang ramai dikunjungi wisatawan. Banyak agen wisata internasional menjadikan Amsterdam sebagai salah satu tujuan wisata dalam paket wisata Eropa mereka. Berikut adalah beberapa tempat wisata terkenal di kota Amsterdam:

Museum Van Gogh

Museum Van Gogh merupakan salah satu museum seni dan sejarah yang terkenal di Amsterdam. Letaknya ada di area Museum Square di daerah Amsterdam Selatan. Sesuai namanya, museum ini didedikasikan untuk pelukis terkenal Belanda, Vincent van Gogh. Bangunan museum Van Gogh diresmikan pada tahun 1972 dan merupakan museum dengan koleksi lukisan dan barang peninggalan Van Gogh lainnya.

Hortus Botanicus

Hortus Botanicus merupakan kebun raya tertua yang ada di Belanda dan di dunia. Kebun raya ini berlokasi di daerah Plantage, sebuah distrik di kota Amsterdam dan merupakan salah satu tujuan utama wisatawan. Didirikan pada tahun 1638 oleh pemerintah kota sebagai sumber tanaman medis untuk keperluan medis, taman ini kemudian berkembang menjadi kebun raya. Setidaknya ada 6000 jenis tanaman yang berbeda yang ada di Hortus Botanicus saat ini.

Dam Square

Dam Square adalah salah satu kawasan yang sangat terkenal di Amsterdam. Di area Dam Square terdapat dua bangunan yang paling ikonik adalah istana Koninklijk dan Monumen Nasional untuk korban perang dunia ke 2. Selain itu, di area Dam Square juga terdapat museum lilin Madame Tussauds Amsterdam, Nieuwe Kerk, serta berbagai bangunan lainnya. Karena hal tersebut, maka Dam Square merupakan area yang banyak dikunjungi wisatawan.

Nieuwe Kerk

Nieuwe Kerk adalah salah satu gereja yang berada di area Dam Square. Gereja ini merupakan bangunan kuno yang telah berusia 600 tahun dan masih terawat dengan baik. Beberapa keunikan gereja ini adalah mimbarnya yang megah berasal dari tahun 1649, organ tua dari tahun 1670 yang masih berfungsi, serta makam beberapa tokoh penting Belanda. Selain itu, gereja ini menjadi latar bagi penobatan Raja Willem-Alexander pada tahun 2013 lalu.

Kanal Amsterdam

Kanal di Amsterdam merupakan salah satu daya tarik wisata di Amsterdam. Kota ini memiliki lebih dari 100 kilometer kanal di seluruh penjuru kotanya. Kanal-kanal di Amsterdam ini disebut dengan grachtengordel dan terbagi menjadi 3 kanal utama yaitu Herengracht, Prinsengracht, dan Keizersgracht. Ketiganya merupakan situs warisan dunia UNESCO dan menjadikan Amsterdam mendapat julukan Venesia dari Utara.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *