Step By Step Cara Membuat SIM A Dengan Mudah

Step By Step Cara Membuat SIM A Dengan Mudah – Cara membuat kartu Surat Izin Mengemudi mobil alias SIM A. Berikut adalah cara untuk membuat sebuah SIM, sebuah ringkasan untuk Anda.

cara membuat sim A-sim mobil

#1 Memenuhi Kelengkapan dan Syarat Pembuatan SIM A (SIM Mobil)

Pastikan Anda telah menyelesaikan persyaratan di atas, dan kemudian pergi ke kantor SAMSAT atau SATPAS yang paling dekat dengan alamat yang Anda pilih atau lokasi selama pendaftaran SIM online (jika daftar lewat online). Ketika membuat SIM, disarankan untuk berpakaian dengan sopan dan memakai sepatu.

Kami sarankan Anda datang ke setiap SATPAS atau SAMSAT dengan membawa Copy KTP dan Copy dokumen persyaratan lainnya.

Mengumpulkan semua berkas persyaratan yang telah dicopy dalam sebuah map.

Pergi ke klinik polisi atau pusat kesehatan lainnya untuk membuat sertifikat keterangan sehat fisik dan mental.

Biaya pembuatan sertifikat keterangan sehat di setiap wilayah dapat bervariasi. Tapi biaya rata-rata tidak sampai

Rp.50.000. Setelah Anda menyelesaikan semua persyaratan, lanjutkan ke tahap berikutnya.

#2 Mengisi Formulir Pendaftaran SIM Mobil

Ambil formulir pendaftaran SIM baru dan bayar biaya pendaftaran SIM Mobil sebesar Rp.120.000. Kami juga disarankan untuk membayar premi asuransi Rp30 ribu, meski hal ini tidak wajib.

Setelah proses pembayaran selesai, isi formulir pendaftaran dan patuhi dengan benar data pribadi yang tertera pada kartu identitas.

Setelah Anda selesai, serahkan formulir pendaftaran dan persyaratan lainnya yang dimasukkan pada satu map ke loket pendaftaran.

#3 Tes Untuk Membuat SIM A

Tes pertama yang akan Anda ikuti adalah ujian tertulis. Jika tes gagal, kalian akan memiliki kesempatan untuk ikut ujian lagi setelah tenggang dari 7 hari, 14 hari dan 30 hari.

Jika Anda terus gagal dan tidak ingin mengulang ujian, uang yang dibayarkan akan dikembalikan.

Setelah tes tertulis atau teori telah berlalu, cara untuk melakukan SIM berikutnya adalah untuk melakukan tes praktek SIM Mobil.

Ada banyak hal yang akan diuji ketika uji praktek SIM Mobil. Di antara mereka adalah melewati pintu masuk sempit, maju mundur di jalan sempit, parkir paralel, parkir seri,parkir mundur, zig-zag drive, tes melewati tanjakan, dan lain-lain.

Semua rintangan ini harus lulus 100%, jika salah satu dari 2 ujian gagal maka kita mendapatkan kesempatan untuk mengambil ujian pengulangan seminggu kemudian.

Jika masih gagal, maka Anda harus mencoba minggu berikutnya sampai sepenuhnya dinyatakan lulus.

Aplikasi SIM individu tidak memerlukan pengujian Simulator uji, karena tes simulator ini hanya ditujukan untuk SIM umum.

#4 Identifikasi Data Diri

Jika semua tes telah berhasil kalian lalui, langkah selanjutnya adalah menjalankan proses identifikasi dan verifikasi yang terdiri dari sidik jari, tanda tangan, dan foto.

5# Menunggu dan Mengambil SIM A Yang Sudah Jadi

Terakhir, tunggu SIM A untuk petugas mencetaknya. Tunggu nama dipanggil dan mengambilnya di loket pengambilan SIM A yang sudah disediakan oleh petugas.

Inilah step by stem mudah cara membuat SIM A. Tentunya dengan cara semudah ini kalian tidak perlu lagi bikin SIM A dengan cara nembak.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *