Magh Kronis , Pengertian dan Cara mengobatinya

Maag kronis adalah istilah yang sering dipakai masyarakat kita untuk menunjukkan adanya penyakit maag yang sudah parah.

Pada saat sakit maag maka pada dinding permukaan lambung yang bersentuhan dengan isi lambung (lapisan mukosa) mengalami inflamasi (peradangan), iritasi atau erosi pada lambung dalam istilah medis disebut dengan gastritis.

Gastritis bisa terjadi secara tiba tiba kemudianndisebut dengan gastritis akut atau terjadi secara bertahap (kronik) yang selanjutnya disebut dengan gastritis kronis.

Secara umum penyebab maag adalah rusaknya lapisan perut akibat cairan pencernaan. Seseorang akan lebih rentan kena maag atau gastritis apabila memiliki lapisan perut yang tipis atau rusak.

 

Infeksi bakteri paling umum yang menyebabkannya adalah Helicobacter pylori atau H pylor, Infeksi biasanya ditularkan dari orang ke orang, namun dapat ditularkan melalui makanan atau air yang terkontaminasi.

Kemudian hal yang  dapat meningkatkan risiko Anda terkena gastritis. Yaitu di antaranya adalah mengonsumsi alkohol, menggunakan kokain, merokok, penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen dan aspirin secara rutin, bertambahnya usia karena lapisan perut menipis secara alami.

Kemudian adapun faktor risiko lain yang mungkin saja dialami yakni stres, sakit, pascaoperasi, gangguan autoimun, gangguan pencernaan, dan infeksi virus. Bahkan mengonsumsi buah yang mengandung tinggi asam seperti jeruk atau nanas bisa memicu maag.

 

Berikut ini beberapa obat maag kronis karena gastritis yang bisa diminum untuk membantu mengatasi keluhan sesuai dengan penyebabnya:

  1. Antasida

Antasida adalah salah satu pilihan obat yang bisa diminum untuk meredakan gejala maag kronis karena gastritis. Cara kerjanya yakni dengan menurunkan jumlah produksi asam, menetralkan asam pada lambung, serta menghambat naiknya asam ke kerongkongan.

  1. H-2 receptor blockers

Obat H-2 receptor blockers bertugas untuk menurunkan jumlah produksi asam pada lambung, seperti obat ini yaitu ranitidine (Zantac), yang bisa diminum dalam kondisi perut kosong atau terisi makanan.

  1. Proton pump inhibitors (PPI)

Obat PPI bisa membantu meredakan gejala maag kronis karena gastritis, dengan cara menurunkan produksi asam dari lambung.

  1. Suplemen

Maag kronis karena gastritis yang dipicu oleh reaksi autoimun memang belum bisa diobati secara khusus. Namun, Anda bisa menggunakan suplemen tambahan untuk mengobati kekurangan vitamin B12 yang memicu munculnya reaksi autoimun.Suplemen ini sendiri utnuk menambahanKan atau memenuhi kebutuhan vitamin B23 bisa melalui tablet minum, suntikan, atau infus intravena. Untuk masalah suplemen, saran saya cobalah mengkonsumsi herbal bio nerve . Kamu bisa pesan langsung melalui situ resmi nya : bionerve.org