Hikmah Sedekah Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Hikmah sedekah yang jarang diketahui banyak orang – Zakat, infak dan sedekah memiliki persamaan dan juga perbedaan.

Sedekah seperti yang dilansir dalam zakat.or.id dan beberapa organisasi lain seperti nu.or.id menjelaskan sedekah adalah bentuk infak yang lebih khusus lagi, yaitu mengeluarkan harta yang dilakukan di jalan Allah.

Sedangkan zakat memiliki pengertian dan macam-macam zakat yang sangat luas. Yaitu mengeluarkan harta yang sudah memenuhi kriteria dan persyaratan yang diatur dalam syariat yang ditujukan oleh 8 asnaf penerima.

Hikmah sedekah secara sembunyi-sembunyi

hikmah sedekah

Sedekah terbaik adalah yang tersembunyi yang tidak diketahui oleh orang lain. Sampai tangan kiri tidak tahu apa yang diberikan oleh tangan kanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari sifat memamerkan diri. Hanya mengharapkan hadiah dari Allah SWT.

Pamer bisa menghancurkan niat dan pahala seseorang. Bahkan Tuhan mencampakkan seseorang ke neraka yang selama hidupnya penuh dengan pamer amal. Dia tidak beramal melainkan dia beramal hanya ingin dilihat oleh orang-orang dan ingin disebut dermawan.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, diceritakan bahwa pernah ada seseorang yang berniat memberi sedekah, tidak diketahui siapa pun.

Di malam hari, dia menaruh sedekah. Ternyata penerimanya adalah seorang pencuri. Ketika datang di pagi hari, orang-orang mencibir. “Siapa yang akan memberi sedekah kepada pencuri?”

Mendengar ini, ia juga berniat untuk memberikan amal lagi. Malam tiba, dia memberi sedekah. Kali kedua, penerima adalah seorang wanita yang berzina. Di pagi hari, orang-orang mencibir kembali.

“Bagaimana orang memberi amal tetapi kepada pezina?”.

Mengetahui hal itu, ia bermaksud memberikan sedekah lagi. Ketika malam tiba, dia memberikan sedekah. Bahkan saat ini penerima adalah orang kaya. Hari berikutnya, orang-orang mencibir lagi. “Orang kaya diberi sedekah”.

Sungguh dia menjadi sedih karena merasa beramal kepada orang yang kurang tepat. Dalam mimpi, dia dikunjungi oleh seorang malaikat. Kemudian malaikat itu berkata kepadanya:

“Adapun sedekah yang kamu berikan kepada pencuri, bisa menjadi mungkin dengan sedekah dia menjaga dirinya dari mencuri”.

“Adapun sedekah yang kamu berikan kepada wanita pelacur, bisa menjadi mungkin dengan sedekah dia menjaga dirinya sendiri untuk percabulan”.

ÔÇťAdapun sedekah yang kamu berikan kepada orang kaya, bisa menjadi dia mungkin mengambil pelajaran. Kemudian dia mengambil keuntungan dari apa yang diberikan Tuhan kepadanya.

Dari pelajaran di atas dapat kita petik hikmah dan pelajaran sedekah. Kepada siapapun sedekah kita berikan insyaallah akan memberikan manfaat baik bagi kita ataupun untuk penerima sedekah. Mari kita patuhi perintah gama untuk menunaikan zakat dan juga sedekah untuk membantu yang kurang mampu.