Kapan Waktu Yang Tepat Baca Doa Hujan

waktu tepat baca doa hujan

Jika hujan mulai turun, apakah yang anda lakukan, apakah ketakutan karena akan banjir, karena sudah terbayang bagaimana nanti perabot rusak dan lumpur yang menyisa setelah banjir reda. Atau apakah anda akan membaca doa ketika turun hujan dan berharap kebaikan dengan datangnya hujan ini.

Langkah ke dua diatas adalah yang seharusnya di lakukan, yaitu membaca doa saat turun hujan, karena ini adalah anjuran yang datang dari Rasulillah sallaahu alaihi wasallam, tapi ada pertanyaan yang sering di ajukan, yaitu kapan waktu yang tepat untuk membaca doa hujan tersebut, apakah saat akan hujan, saat hujan pertama kali turun atau ketika hujan sudah turun?.

Waktu Yang Tepat Baca Doa Hujan

Jawaban yang benar ins sya Allah adalah saat pertama kali hujan turun, atau saat hujan turun, bukan sebelumnya atau setelahnya. Ini bukan tanpa alasan karena hal ini sudah di terangkan oleh ulama kita.

Maksud dari doa hujan yang kita panjatkan adalah permintaan kita kepada Allah agar hujan yang turun memberikan manfaat dan manjadikannya berkah, dan permintaan ini di ucapkan ketika hujan turun untuk pertama kalinya, kalau doa kita panjatkan sebelum terjadi hujan maka itu seperti mendahului takdir, karena perkataan dari doa tersebut adalah ya allah turunkanlah hujan ini hujan yang bermanfaat. Yang berarti hujan saat itu.

Lalu kalau membaca doanya setelah hujan besar, itu juga sudah terlewat, tapi tidak mengapa membaca doa hujan saat hujan sudah terjadi kalau kita lupa tidak membacanya saat pertama kali hujan turun atau kita mengetahui hujan turun setelah hujan tersebut besar.

Kesimpulan Waktu Baca Doa Hujan

Jadi kesimpulan jawaban doa hujan di lakukan atau di panjatkan saat pertama kali hujan turun, dan ini yang afdhol.
Tidak mengapa membaca doa hujan ketika hujan sudah besar jika kita lupa tidak baca doa saat pertama kali hujan dan kalau kita mengetahui hujan kecuali setelah hujan dera atau besar.

Mengapa dalam islam hal hal kecil seperti ini dibahas?, ya karena islam adalah agama dalil, semua perbuatan atau amal ibadah yang kita lakukan harus berdasarkan dalil yang sahih dengan pemahaman para ulama salaf. Dan untukpermaslahan waktu pembacaan doa hujan juga di bahas oleh para ulama berdasarkan dalil aqli dan naqli.

Setelah mengetahui waktu yang tepat maka sekarang tugas kita adalah membaca doa tersebut dan jangan sampai di lalaikan, apalagi sampai mencela hujan, sungguh itu bukan perbuatan terpuji dan malah akan mendatangkan dosa.

Ingin membaca seputar artikel islami yang sahih dan berlandaskan dalil, silahkan anda baca diblog islami https://penaungu.com.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *