6 Wisata Alam Menarik Di Afrika Selatan

Afrika Selatan atau secara resmi bernama Republik Afrika Selatan merupakan sebuah negara di ujung selatan benua Afrika. Negara ini menawarkan beragam daya tarik bagi para pecinta alam liar berupa wisata alam yang dipenuhi kehidupan hewan liarnya. Tak heran jika negara asal dari tokoh Nelson Mandela ini menjadi destinasi favorit bagi para pecinta wisata alam liar.

Wisatawan yang menyukai alam liar akan datang kesini untuk melihat secara jelas kehidupan berbagai hewan liar di habitatnya. Disini terdapat berbagai jenis satwa liar Afrika berukuran besar seperti: Singa, Banteng, Macan Tutul, Badak, dan Gajah. Ada pula beberapa jenis hewan lainnya seperti Cheetah, Hyena, Buaya dan Kuda Nil dimana semuanya merupakan jenis satwa yang dilindungi.

Berikut adalah beberapa wisata alam di Afrika Selatan yang banyak dikunjungi oleh pecinta wisata alam dari berbagai belahan dunia:

Taman Nasional Kruger

Taman Nasional Kruger merupakan salah satu taman safari terbaik yang berada di bagian timur laut negara Afrika Selatan. Area taman nasional Kruger mencakup wilayah seluas 19.485 kilometer persegi dan merupakan taman nasional pertama di negara tersebut. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan savana yang menarik dimana terdapat hewan seperti gajah, singa, banteng, macan tutul, dan badak.

Taman Transfrontier Kgalagadi

Taman Transfrontier Kgalagadi adalah gabungan dari dua taman nasional yang ada di perbatasan Afrika Selatan dan negara Botswana. Kawasan konservasi ini merupakan gabungan dari taman nasional Kalahari Gemsbok, Afrika Selatan dan taman nasional Gemsbok di Botswana. Kgalagadi merupakan habitat bagi singa kalahari, berbagai jenis antelope, cheetah, hyena, hingga berbagai jenis burung vulture dan raptor.

Pegunungan Drakensberg

Drakensberg mempunyai arti pegunungan naga yang merupakan salah satu destinasi wisata alam populer di negara Afrika Selatan. Daerah pegunungan ini berada di situs warisan dunia uKhahlamba-Drakensberg Park dimana juga terdapat taman nasional Royal Natal serta Amphitheatre. Pegunungan Drakensberg ini memiliki kawasan yang tertutup hutan lebat dan menjadi rumah bagi lebih dari 800 spesies binatang liar.

Garden Route

Kawasan pantai di tenggara Afrika Selatan yang membentang sepanjang 200 kilometer dikenal dengan sebutan Garden Route yang memiliki pemandangan menarik. Garden Route sendiri membentang dari teluk Mossel yang menghadap samudera Hindia hingga sungai Storms di provinsi Eastern Cape. Disini juga terdapat Taman Nasional Garden Route yang memiliki bentang alam berupa ngarai, kolam tidal serta hutan yang lebat.

Lahan Basah iSimangaliso

Dalam bahasa Zulu, iSimangaliso mempunyai arti “keajaiban” yang sangat pas dengan kawasan tersebut dimana merupakan sistem muara terbesar di Afrika. ISimangaliso berada di sebelah pantai timur laut Kwazulu Natal serta menghubungkan delapan ekosistem yang saling berhubungan satu sama lain. Hal tersebut membuat lahan basah iSimangaliso menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis burung, macan tutul, kuda nil, hingga buaya.

Cagar Alam Blyde River Canyon

Cagar alam ini merupakan kawasan ngarai di aliran sungai Blade yang mengalir di kawasan Pegunungan Drakensberg. Blyde River Canyon merupakan sebuah sistem ngarai terbesar kedua di Afrika Selatan yang kaya akan keanekaragaman kehidupan liar. Dedaunan yang hijau, air terjun dan sungai yang berkilauan, serta formasi batuan berlumut menciptakan pemandangan yang menakjubkan di ngarai tersebut.

Enam destinasi wisata alam tersebut merupakan sebagian dari berbagai objek wisata alam menarik yang terdapat di negara Afrika Selatan. Umumnya, para wisatawan yang menyukai destinasi wisata alam liar akan berkunjung ke negara ini menggunakan beragam paket wisata luar negeri. Banyak hal menarik yang bisa dijumpai di alam liar Afrika Selatan dengan berbagai keindahan dan kemegahan alam liarnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *