4 Aplikasi pembuat video animasi di pc secara gratis

Apakah Anda seorang pemula atau seorang profesional di bidang pembuatan animasi, tentu saja, Anda ingin menggunakan software pembuat animasi yang bagus

Membuat film animasi dengan tangan Anda sendiri adalah hal yang sangat menyenangkan, di mana suara animasi adalah dari Anda bebas, untuk melihat karakter dalam animasi adalah hasil dari imajinasi Anda.

Ada banyak perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk membuat animasi yang besar, yang tidak hanya dapat diperoleh secara gratis, tetapi juga kemampuannya untuk diandalkan dalam membuat animasi.

Berbagai perangkat lunak yang akan disebutkan, memiliki kemampuan yang sangat baik dari setiap kategori, kategori untuk pembuatan animasi 2D dan 3D.

Jika hobi Anda dan sangat senang untuk membuat animasi, dengan semua kreativitas yang dimiliki, maka dengan software adanyanya untuk membuat animasi ini, Anda dapat mengkonversi ribuan ide dalam pikiran menjadi kenyataan. Berikut ini adalah berbagai perangkat lunak untuk membuat animasi:

 

1. Pensil

Pensil adalah perangkat lunak gratis yang bersifat open source, dengan mana Anda dapat membuat 2D animasi dengan mudah.

Hal ini mudah untuk menggunakan perangkat lunak yang memiliki kemampuan untuk membuat serbaguna 2D kategori animasi, di mana beberapa fitur besar yang dapat Anda gunakan tanpa mengeluarkan sepeser pun.

Dengan Software Pensil maka Anda dapat mengoptimalkan kreativitas Anda, melalui alat sederhana namun inovatif. Dengan itu Anda dapat membuat grafis 2D dengan sebanyak berwarna-warni.

Tampilan program ini sangat sederhana, dengan antarmuka yang terlihat bersih dan rapi sehingga sedap dipandang. Selain itu, program ini dikemas di dalamnya dengan berbagai alat atau fitur penting.

Ada fitur yang besar bahwa perangkat lunak dimliki Pensil, di mana itu adalah fitur juga ditawarkan beberapa perangkat lunak animasi dibayar.

Penggunaannya mendukung bitmap dan vektor, selain dukungan untuk menggunakan beberapa lembar. Ada satu set alat yang menggunakan ilustrasi berguna dalam mengelola gambar grafis, atau menggambar sebelum memasuki bagian animasi.

Beberapa fitur lain yang dapat digunakan, yang mengatur tingkat frame rate, pengaturan suara seperti yang diinginkan dan mengimpor gambar, menyesuaikan dan add warna untuk gambar, dan banyak fitur lainnya.

Satu hal yang baik, di software Pensil ini menyediakan fitur untuk mengekspor grafis Anda sendiri ke dalam format FLV, Flash Video (SWF), format lainnya.

2. CreaToon

CreaToon adalah perangkat lunak yang dinilai user-friendly, penggunaannya juga mudah, dengan itu Anda dapat membuat animasi 2D, Anda dapat mengedit dengan cut up berbagai mamsukan efek khusus pada karya yang Anda buat.

Aplikasi ini sederhana untuk melihat dan juga terlihat usang, namun aplikasi ini dapat diandalkan untuk melakukan beberapa tugas-tugas kompleks, sehingga bisa menghasilkan karya besar.

Ketika menggunakan program ini, Anda akan melihat menu di setiap sisi area kerja Anda, hal ini berguna untuk membuat lebih mudah untuk mengakses fitur-fitur utama dan cepat berguna.

Dalam proses pembuatan gambar animasi, Anda dapat dengan bebas mengatur frame rate per detik yang juga secara bersamaan mengatur tinggi dan lebar animasi gambar, kecuali bahwa nanti dapat menentukan format file proyek.

Anda dapat menempatkan efek khusus untuk animasi yang sedang dibuat. Kemudian, proyek ini dapat dengan mudah disimpan, selain itu untuk memfasilitasi proyek ada fasilitas untuk menyimpan secara otomatis setiap 5 menit.

Dengan program ini Anda akan dapat memisahkan unsur-unsur animasi pada lembar proyek, di mana Anda dapat melakukan pengeditan cepat

Anda dapat men-tweak keakuratan alat sketsa, yang juga dapat menggunakan alat sikat (brush). Secara keseluruhan, perangkat lunak CreaToon berguna sehingga Anda dapat membuat pekerjaan mudah animasi dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Penggunaan software ini menjadi solusi yang baik untuk pemula.

3. Plastik Animasi Kertas

Ini adalah yang terbaik software animasi 2D, Plastik Animasi Kertas menyediakan alat canggih dan rumit, yang dapat diandalkan untuk ide-ide mengkonversi dan kreativitas yang ada di pikiran Anda menjadi indah 2D animasi gratis.

Perangkat lunak ini dibuat untuk para ahli animasi, di mana Anda dapat membuat animasi dengan cepat, dingin dan menarik. Perangkat lunak ini akan memberikan kemudahan dalam mengerjakan proyek animasi.

Dalam program ini, kemudian Dan bisa mengatur rutinitas sketsa cepat, Anda dapat mengelola proses sketsa kasar, dan ruang di mana animasi Anda.

Program-program ini memberikan saran real-time dan proses menjadi mudah dalam merencanakans konsep untuk gerakan-gerakan tertentu (yang Anda inginkan), yang dapat dilakukan dengan sederhana dan cepat. Anda dapat mengatur urutan tindakan yang akan datang.

Di antara fitur penting yaitu sketsa, Anda dapat menambah warna sketsa, menyesuaikan kecepatan frame, zoom in dan zoom out dengan bebas dan mudah, Anda juga dapat memasukkan kebisingan.

Ketika selesai menggambar, Anda dapat menyimpann di AVI, PNG, TGA, GIF, dan banyak lagi.

4. Synfig Studio

Synfig Studio adalah program open source dan multi-platform yang berfungsi untuk membantu pengguna untuk menghasilkan 2D kerja animasi.

Hal ini mirip dengan software Pensil, hanya Synfig dilengkapi dengan kurva tajam karena fitur avant-garde. Hasilnya menakjubkan bekerja Anda bisa mendapatkan dengan alat ini.

antarmuka Synfig dibagi menjadi empat jendela terpisah adalah jendela yang berisi alat, jendela untuk mengedit, jendela navigator, dan parameter jendela.

Dengan berhasil menguasai penggunaan software ini dengan baik dan efisien dalam pemanfaatan fitur-fiturnya, maka Anda akan berada dalam membuat film animasi, dan berkualitas tinggi profesional. Seperti harus diasah dan menguasai vektor teknik dan bitmap.

Sebagian besar elemen berdasarkan vektor, dan semua proyek yang dikembangkan lembar parametrik, pixelation muncul gambar raster impor, tidak item yang melekat ketika memodifikasi hasil sasaran proyek.

gambar raster (bitmap image), adalah citra digital yang terbentuk dari tempat pengumpulan atau pixel yang membentuk gambar.

keyframes animasi dapat secara otomatis ditambahkan, yang dapat menghasilkan gerak sisa-sisa dingin.

Ada teknologi untuk berbagai piksel cahaya yang lebih luas, menggunakan Tinggi Dynamic Range Pencitraan (HDRI) yang kemudian dapat menghasilkan efek pencahayaan dan formasi warna yang lebih baik.

Synfig menyediakan dukungan lengkap untuk gradien, di mana Anda dapat memasukkan bayangan lembut untuk gambar, tanpa perlu membuat sketsa animasi pada setiap frame secara terpisah.

Juga tersedia adalah lapisan yang mencakup gradien, transformasi, fraktal, geometris, dan banyak lagi.

 

Sumber : www.yukvideoin.com