Cara Menggunakan Transportasi Umum Untuk Berpergian Di Kota Melbourne

Kota Melbourne di Australia adalah sebuah kota pantai di bagian tenggara negara Australia tepatnya di negara bagian Victoria. Melbourne adalah ibukota dari negara bagian Victoria serta merupakan kota terpadat kedua di Australia dan kawasan Oceania. Bekas ibukota negara Australia ini merupakan sebuah kota metropolitan yang dihuni oleh sekitar lima juta penduduk menurut data tahun 2019.

Sebagaimana kota metropolitan lainnya, kota Melbourne juga merupakan salah satu tujuan wisata menarik bagi para wisatawan. Banyak wisatawan terutama dari luar negeri menggunakan paket wisata luar negeri dari berbagai agen wisata untuk datang ke Melbourne. Setidaknya, hampir setiap tahun sekitar sekitar dua juta turis berkunjung ke kota Melbourne untuk berlibur dan menghabiskan waktu disana.

Untuk menunjang pariwisata, berbagai fasilitas publik yang ada di kota Melbourne dibangun dengan cukup baik dan sangat teratur. Termasuk diantaranya adalah fasilitas transportasi publik yang saling terintegrasi dengan baik di kota yang berada di Australia bagian tenggara tersebut. Hal tersebut dilakukan agar para wisatawan bisa dengan mudah berpergian dari satu tempat ke tempat wisata lainnya disana.

Bagi para wisatawan khususnya para wisatawan mancanegara, berikut adalah cara menggunakan transportasi publik untuk berpergian di kota Melbourne:

Menggunakan Bis

Bis adalah salah satu sistem transportasi publik utama yang banyak digunakan di kota Melbourne, Australia. Jalur bis di kota ini memiliki lebih dari 300 rute perjalanan yang menjangkau hampir seluruh kota Melbourne. Jika berencana berpergian di kota Melbourne menggunakan bis, caranya cukup pergi ke halte terdekat lalu tunggu bis datang.

Ketika bis telah sampai, tunggu pintu bis terbuka lalu masuk dengan men-tap kartu myki untuk membayar biaya perjalanan. Ketika sudah mendekati tujuan, pencet tombol berhenti untuk memberitahu sopir dan tunggu bis berhenti di halte terdekat. Saat bis sudah berhenti segera menuju ke pintu dan jangan lupa men-tap kartu myki di mesin sebelum keluar dari bis.

Menggunakan Trem

Trem merupakan sejenis kereta yang memiliki rel di dalam area perkotaan yang biasanya banyak dijumpai di berbagai kota besar. Trem sendiri merupakan pilihan transportasi publik yang menjadi pilihan terbanyak kedua untuk digunakan oleh masyarakat dan turis disana. Sebagai sistem transportasi publik yang terintegrasi di kota Melbourne, trem menggunakan kartu myki sebagai sistem pembayarannya.

Cara menggunakan trem untuk berjalan-jalan di kota Sydney cukup mudah yaitu dengan mendatangi tempat pemberhentian trem terdekat. Ketika trem datang, tunggulah orang yang ingin keluar dari trem untuk keluar terlebih dahulu baru kemudian anda masuk. Namun sebelum masuk, jangan lupa untuk tap-on kartu myki untuk membayar biaya perjalanan trem anda.

Menggunakan Kereta

Untuk berpergian dengan menggunakan kereta atau metro ini, caranya cukup pergi ke stasiun terdekat dan jangan lupa membawa kartu myki. Saat tiba di stasiun, untuk masuk ke stasiun gunakan myki untuk membuka pintu masuk ke dalam peron. Setelahnya masuklah ke peron dan lihat jadwal kereta kemudian tunggulah hingga kereta atau metro anda datang.

Ketika metro telah tiba, pencet tombol hijau pada kereta atau metro untuk membuka pintu kereta dan masuklah ke dalam. Nikmati perjalanan anda dengan metro dengan duduk ataupun berdiri hingga sampai ke stasiun terdekat dari tempat tujuan anda. Setelah sampai, tekan kembali tombol hijau untuk keluar dari kereta lalu tap-off kartu myki untuk keluar dari stasiun.