Ini Dia 4 Tugas Penting Facility dalam Perusahaan

Ini Dia Tugas Facility dalam Perusahaan – Struktur organisasi di dalam sebuah perusahaan sangatlah dibutuhkan.Dan solid atau tidaknya organisasi tersebut erat hubungannya dengan kesuksesan perusahan tersebut.

Salah satu bagian penting yang termasuk di dalamnya adalah keberadaan Facility Management atau FM. Di mana fungsi utamanya adalah mengatur berbagai fasilitas, mulai dari administrasi sarana dan prasarana, hingga pada pengelolaan serta pemeliharan dan juga perbaikan aset. Semua tugas tersebut dilakukan guna menunjang pekerjaan karyawaan di perusahaan.

Tugas fasility dalam perusahaan mengintegrasikan berbagai prinsip ilmu, mulai dari teknis, admistrasi bisnis, hingga perilaku manusia. Termasuk ketika mempertimbangkan berbagai hal seperti manusianya itu sendiri, proses juga tempat yang mencakup lingkungan fisik yang efisien. Begitu juga dengan teknologi, keamanan, kenyamanan serta kesehatan di lingkungan tersebut.

Dan pada masing-masing perusahaan FM tentunya memiliki spesifikasi tugas yang berbeda-beda. Namun pada intinya adalah melalukan pengelolaan layanan pendukung agar semua fungis di perusahaan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Sebagai contoh, berikut ini adalah tugas facility dalam sebuah perusahaan yang berbeda bidang yang kami kutip sedikit dari chokingman.

Real Estate

Tugas facility di perusahaan ini mencakup banyak hal seperti, pengelolaan portfolio properti yang merupakan bagian dari aset perusahaan. Fungsi operasional lainnya meliputi, manajemen dokumentasi bangunan dasar, izin bangunan, analisis pasar dan strategis lainnya seperti akuisisi juga penjualan.

Ruang dan proyek

Selanjutnya tugas facility dalam perusahaan yang berkaitan dengan manajemen ruang dan proyek, diantaranya adalah perencanaan ruang, manajemen furnitur, manajemen serta pengawasan proyek, seperti renovasi skala besar, migrasi, dan lain sebagainya. Tugas lainnya juga melakukan koordinasi proses manajemen perubahan yang memang dibutuhkan.

Layanan

Sementara tugas facility di sebuah perusahaan manajemen layanan maka bertugaa melakukan negosiasi kontrak, persetujuan pemasok, layanan kontrak tender, hingga memantau kepatuhan terhadap kewajiban kontrak yang telah disetujui, dan masih banyak lagi.

Pengelolaan Lingkungan

Pada perusahaan yang bergerak di pengelolaan lingkungan. Maka tugas facility dalam perusahaan ini adalah melakukan pengelolaan lingkungan organisasi dengan mempertimbangkan berbagai prosedur serta aturan perusahaan. Termasuk di dalamnya mengembankan berbagai kebijakan lingkungan serta aspek berkelanjutan, seperti energi, pengelolaan limbah, dan berbagai hal yang berkaitan dengan kepatuhan dan standar kesehatan serta keselamatan yang berkaitan.

Itulah beberapa saja contoh perusahaan yang memperlihatkan tugas FM di dalamnya. Dan kesimpulannya adalah, bahwa semua organisasi memang memerlukan FM atau Manajer Falisitas untuk mengembangkan aktivitas perusahaan.

Tanggung jawab facility memastikan setiap fasilitas di perushaan bisa beroperasi dengan baik setiap harinya. Begitu juga ketika masalah darurat muncul maka facility akan turun dan terlibat untuk turut menyelesaikannya. Terlebih bila berkaitan dengan keamanan, keselamatan serta kegunaan fasilitas mereka di perusahaan, tidak terlepas juga bila peralatan yang digunakan mengalami kendala.

Hingga akhirnya tugas facility dalam perusahaan kemudian bertambah dan harus membuat rencana untuk penggantian ataupun perbaikan peralatan tersebut. Tugas berikutnya adalah merumuskan rencana perusahaan di masa depan, hingga perlunya melalukam kerjasama dengan pembuat keputusan di perusahaan demi menentukan jalur peningkatan terbaik, yang berkaitan dengan infrastuktur maupun peralatan.

Peran lain dari facility adalah dekat dengan para vendor, hingga akhirnya bertugas untuk mengelola serta mengembangkan kontrak dengan vendor. Tidak hanya sekadar melakukan negosiasi, mereka juga akan memastika kontrak terpenuhi seutuhnya.

Demikianlah informasi singkat mengenai tugas facility dalam perusahaan yang perlu Anda ketahui. Secara detail tugas dari FM ini memang akan berbeda dan bergantung pada kebijakan di masing-masing perusahaan. Namun yang pasti, facility memang memiliki cakupan tugas yang cukup luas, sehingga dibutuhkan peran dari mereka yang mampu memberikan tanggung jawab dengan sangat baik.