Mesin Percetakan Digital dan Keunggulannya

Mesin Percetakan Digital

Dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi semakin maju dan canggih, tak terkecuali dengan mesin-mesin percetakan. Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap jasa percetakan mendorong para pelaku usaha untuk memanfaatkan peluang ini. Dengan menggunakan mesin percetakan digital, hasil cetakan yang diperoleh juga semakin memuaskan.

Metode cetak yang diterapkan pada percetakan digital atau digital printing, adalah mengolah data yang akan dicetak menggunakan komputer terlebih dahulu sebelum dicetak di media menggunakan mesin. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai macam-macam mesin cetak digital dan keunggulannya:

Macam-Macam Mesin Percetakan Digital

1.   Mesin Cetak Digital Outdoor

Mesin cetak digital jenis ini biasanya digunakan untuk mencetak kebutuhan alat promosi luar ruangan. Dengan hasil cetak berukuran besar dan tahan terhadap udara yang panas ataupun air, seperti baliho dan spanduk. Karena cetak yang dihasilkan besar, maka ukuran mesin cetak digital jenis ini juga memiliki ukuran yang sangat besar, sekitar 2 sampai 3 meter untuk lebarnya.

2.   Mesin Cetak Digital Indoor

Mesin cetak digital jenis ini biasanya digunakan untuk menghasilkan kebutuhan cetak dalam ruangan. Mesin jenis ini biasanya berbasis printhead dan menggunakan tinta eco solvent, sehingga mampu menghasilkan cetakan yang sangat baik, seperti untuk cetak buku, undangan, wallpaper, stiker vinyl, poster, foto, kartu nama, banner, bahan polyflex printable, dan lain sebagainya.

3.   Mesin Cetak Digital Semi Indoor Outdoor

Mesin cetak digital jenis ini sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk kebutuhan cetak, baik outdoor maupun indoor. Pasalnya, sudah menggunakan tinta berbasis eco solvent. Tinta eco solvent merupakan salah satu jenis tinta yang tidak memiliki bau apabila digunakan di dalam ruangan (indoor) dan aman, serta ramah lingkungan apabila digunakan di luar ruangan (outdoor).

4.   Mesin Digital Printing Textile

Mesin cetak digital jenis ini merupakan hasil dari pengembangan teknologi di dunia percetakan. Sesuai dengan namanya, mesin ini mampu mencetak pada media tekstil atau kain.

Di pasaran pada umumnya, mesin ini ada 2 macam, yaitu mesin digital yang dapat mencetak di atas kain secara langsung dan mesin yang harus menggunakan media transfer paper terlebih dahulu sebelum dicetak di kain.

5.   Mesin Cetak Digital Printing Photography

Mesin cetak digital jenis ini khusus digunakan untuk mencetak foto berukuran kecil maupun besar. Mesin jenis ini menggunakan tinta dye atau pigment, sehingga sangat cocok untuk fotografi. Pasalnya, mampu menghasilkan kualitas dan presisi gambar yang sempurna dengan warna yang tajam dibandingkan mesin cetak jenis lainnya.

6.   Mesin Cetak Digital UV Printer

Mesin cetak digital jenis ini khusus digunakan untuk mencetak pada media yang solid. Misalnya, kaca, keramik, seng, akrilik, besi, dan lain sebagainya dengan permukaan yang datar (flat) atau rata. Mesin cetak digital seperti ini banyak digunakan oleh bisnis percetakan custom mug, jam dinding keramik, atau casing handphone.

Keunggulan Mesin Percetakan Digital

Dibandingkan dengan mesin cetak offset atau mesin cetak lainnya, mesin percetakan digital memiliki beberapa keunggulan. Beberapa di antaranya, yaitu proses produksi yang lebih cepat, ringkas, akurat, dan hasilnya bisa langsung dilihat. Untuk tahapan, metode, dan cara pengoperasiannya juga lebih mudah, sehingga bisa digunakan oleh pemula sekalipun.

Keunggulan lain dari mesin jenis ini adalah lebih fleksibel dan tidak ada jumlah minimal pesanan, sehingga bisa melayani pesanan satuan. Sebagai jasa percetakan berbasis online yang sudah berpengalaman dan terpercaya, Only Print siap melayani segala kebutuhan cetak Anda. Baik cetak satuan maupun kuantitas besar dengan hasil maksimal dan berkualitas, serta harga yang terjangkau.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *