Cara Membuat Nasi Briyani yang Lezat Enak dan Mudah Dibuat

Halo sobat semuanya yang Budiman semuanya, pada kali ini Mimin kembali lagi di artikel ini dengan pembahasan yang lebih baru yaitu cara membuat nasi briyani yang besar enak dan mudah dibuat. Oleh karena itu nasi briyani merupakan salah satu olahan makanan dari bahan nasi yang kemudian di olah sedemikian rupa menjadi bahan yang istimewa dan sangat diminati oleh banyak orang lo sobat. Sangat menarik bukan.

Oh ya, sebelumnya ternyata nasi briyani juga punya julukan lain seperti nasi briyani, nasi briyani, nasi briani, dan nasi beriani  he he he he banyak ya julukannya. Nasi briyani merupakan hidangan berupa nasi (biasanya menggunakan nasi basmati) yang dimasak dengan berbagai macam bumbu kemudian ditambah dengan daging (bisa ayam, kambing, udang, sapi) atau aneka sayuran.

Hidangan yang satu ini berasal dari Asia Selatan (Pakistan dan India). Di Indonesia sendiri dan di Malaysia, hidangan ini disebut dengan nasi tambahan (nasi briyani, nasi briyani, nasi briani atau nasii beriani) he he he he. Nama masakan nasi briyani ini berasal dari bahasa persia yaitu beryā (n) (بریان) yang artinya bakar atau digoreng. Pada zaman dahulu, nasi digoreng dengan air bersama bumbu hingga setengah matang.

Setidaknya lebih dari 12 lusin dapur di kerajaan dan ratusan koki diharuskan menyiapkan ratusan makanan. Dari sini, varietas Awadhi Briyani tercipta dari eksperimen panjang para chef berpengalaman. Setelah satu abad, Wajid Ali Shah turun dari tahta, dan dikirim ke Calcutta oleh imperialis.

Bahkan, rombongannya membawa serta resep Awadhi Briyani, hingga akhirnya tercipta Calcutta Briyani dengan ciri khas irisan kentang besar sebagai campuran utamanya. Tidak ada bukti otentik apakah penggunaan kentang di sini digunakan untuk mengakali kenaikan harga daging. Pasalnya, saat itu, Calcutta Briyani memang didominasi oleh irisan kentang ketimbang daging kambing.

Cara Membuat Nasi Briyani yang Lezat Enak dan Mudah Dibuat

Pada zaman dahulu, nasi digoreng dengan ghee, kemudian direbus dengan air bumbu hingga setengah matang. Biryani terbuat dari nasi yang dimasak di panci lain. Setelah nasi setengah matang, campurkan dengan kaldu lima bumbu, tutup rapat dengan panci, dan masak hingga kaldu meresap ke dalam nasi. Metode memasak Biryani berbeda dengan Pullao (pilaf).
Saat memasak Pullao, nasi digoreng dengan bumbu dalam ghee dan kemudian segera dimasak. Pelancong dan pedagang Persia memperkenalkan metode memasak biryani kepada orang India dan Pakistan. Hidangan ini tidak hanya populer di India dan Pakistan, tetapi juga populer di kalangan populasi Muslim di Irak, Iran, Afghanistan, Bangladesh, dan Sri Lanka.
Briyani adalah makanan khas Lucknow. Briyani termasuk makanan dari daerah timur tengah dan biasa juga dimaksud dengan pakki (pakki berarti kedewasaan). Daging dan nasi dimasak terpisah, kemudian dicampur dan dipanggang dalam panci bertutup. Dagingnya pertama digoreng dengan bumbu dalam ghee, lalu dimasak dalam air sampai matang.
Dalam proses pembuatan nasi briyani kita harus memasukkan nasi ke dalam rice cooker agar nasinya bisa matang sob. Sobat bisa menggunakan rice cooker besar untuk menanak nasi secara masal dan handal.
Kaldu dijadikan berbeda wadah karena wadahnya akan digunakan untuk sesuatu kemudian digoreng sebentar dengan ghee. Setelah sudah jadi dan matang, nasi dan daging dicampur dalam panci kedap udara, lalu dimasak dengan api kecil.

Bahan

  • 1/2 kg beras basmati
  • 1/4 kg daging kambing
  • 1 sendok teh garam
  • 1 buah nanas
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1 batang serai
  • 5 siung
  • 2 lembar daun salam
  • 5 biji kapulaga
  • 1 batang kayu manis
  • 1/2 sendok teh jintan
  • 1 ruas ibu jari kunyit besar
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 ruas jari jahe
  • 1/2 sendok teh lada hitam
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 2 buah tomat
  • 4 buah cabai keriting
  • 1 buah bawang bombay
  • 5 makan siang bawang putih
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • 2 buah cabai hijau
  • 1 sendok makan margarin
  • 2 liter air

Langkah-langkah Membuat Nasi Briyani

  1. Cuci dan bilas beras basmati dan rendam beras basmati selama 20 menit. Merendam ini bertujuan agar hasil sajinya bisa menjadi lebih halus dan tidak terlalu keras ketika kita menyantapnya.
  2. Haluskan bumbu: bawang putih, kunyit, gula garam, jahe, jinten, lada hitam, merica, ketumbar. sobat bisa menghaluskannya dengan cara menggepreknya menggunakan ulekan atau cobek
  3. Potong Bombay, dan tomat. Sangat disarankan untuk memotongnya dengan pola yang sudah ditentukan agar semakin mudah. Silakhan anda goreng dengan sedikit minyak dan bumbu halus dengan Bombay dan tomat, tambahkan daun salam, cengkeh, kapulaga, serai yang telah dimemarkan dengan margarin dan minyak zaitun
  4. Lumuri daging kambing yang telah dipotong kecil-kecil bersama nanas selama 10 menit. Kemudian masukkan bumbu tumis dan tambahkan air, masak dengan api kecil selama 1/2 jam
  5. Masukkan nasi basmati dan tumis bumbu daging ke dalam magic com. Setelah itu tunggu hingga matang kurang lebih sekitar 30 menit lah sob
  6. Setelah nasi matang, nasi briyaninya sudah bisa disantap. Semoga berhasil
  7. Nasi briyani sangat nikmat disantap ketika hangat. Namun jika tidak suka hangat disajikan dalam suhu biasa pun juga sangatlah nikmat

Tentang Nasi Briyani

Biryani, Beryani, Biriani, dan Beriani adalah julukan untuk makanan ini. Kata asli Persia, Biryani, berarti Goreng. Nasi biryani memang makanan yang berasal dari Persia (Iran). Ini terdaftar sebagai hidangan utama atau hidangan utama, dan biasanya digunakan sebagai menu makan siang atau makan malam di seluruh dunia.
 Saat ini, masyarakat Timur Tengah, India, dan Pakistan sudah sangat familiar dengan jenis makanan ini. Nasi biryani terdiri dari bahan utama nasi dan biasanya digunakan pada nasi basmati (nasi basmati), ditambah ayam atau kambing, daging sapi, telur, udang, bahkan sayur mayur.
Bumbu inti biryani terdiri dari berbagai bumbu bubuk, biasanya termasuk ketumbar, kunyit, cabai merah (opsional), jahe, lada hitam, cengkeh, bawang putih, kayu manis, dan kapulaga.
Nasi briyani memang memiliki tampilan yang estetik dan sangat nikmat dinikmati ketika hangat. Jika sobat memiliki restoran atau warung makan sobat bisa menggunakan etalase penghangat makanan untuk mendisplay makanan dan juga menghangatkan makanan sob.
Sudah aman sekarang, tidak perlu repot membuat bumbu biryani karena sudah tersedia dalam kemasan. Saya baru tahu nasi biryani setelah tinggal di Arab Saudi. Sehingga sangat sulit, saya sering tidak mengikuti petunjuk resep yang berbeda untuk nasi biryani, hingga akhirnya “Saya bisa karena suatu saat” meracik cara saya sendiri, yang sedikit berbeda dari resep biasa membuat nasi biryani.
Mungkin juru masak nasi biryani akan menertawakan jalan saya, misalnya saat mengolah ayam atau daging, biasanya koki memasaknya langsung dengan bumbu biryani. sedangkan saya pisahkan dengan memasak ayam atau daging secara terpisah dari bumbu utama … dalam hal yang satu ini saya prihatin bahwa dengan cara ini saya bisa menyajikan nasi biryani yang cukup representatif baik secara tampilan maupun rasa dan sudah masuk standar nasi biryani.
Sudah cukup sekian artikel yang mimin buat kali ini semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi sobat semuanya. Terima kasih, semoga bisa berjumpa kembali di artikel yang berikutnya ya sob.