Memberikan Motivasi Untuk Tenaga Marketing

Banyak orang yang malas menjadi tenaga marketing sebab pekerjaan ini dirasakan pekerjaan sulit apalagi mereka harus mencapai target penjualan.

Motivasi untuk semua tenaga marketing sangat penting menilik pekerjaan mereka bukanlah mudah, bahkan banyak yang putus asa ketika mereka tidak dapat mencapai penjualan yang ditarget oleh perusahaan.

Kemampuan yang dimiliki masing-masing tenaga marketing tidak sama satu dengan lainnya sehingga mereka tidak dapat mencapai target yang sama. Mental yang powerful kadang menjadi lemah saat mereka tidak bisa mendapatkan banyak klien bahkan sering mendapat celaan dari orang lain.

Itulah kenapa motivasi untuk tenaga marketing sangat penting untuk membina mental yang powerful dan keyakinan diri mereka.

Lalu apa sih yang dimaksud dengan motivasi itu sendiri sehingga semangat untuk tenaga marketing sangat diperlukan? Motivasi sendiri dapat diartikan sebagai desakan atau dukungan moril dan materiil untuk seseorang supaya meningkatkan hasil dari apa yang menjadi tugas mereka. Setiap tenaga marketing tentu mengharapkan pencapaian target yang sudah ditentukan perusahaan.

Namun prakteknya di lapangan mereka sering merasakan masalah sehingga target juga tidak dapat dicapai bahkan ada yang tidak menemukan klien sama sekali. Untuk itu setiap perusahaan dapat memberikan semangat untuk tenaga marketing supaya mereka bisa bekerja secara maksimal dan mencapai target.

Berikut beberapa alasan mengapa dibutuhkan motivasi untuk semua salesman:

• Kurangnya produk knowledge (Memberikan Motivasi Untuk Tenaga Marketing)

Salesman yang tidak memahami produk knowledge tentu saja tidak dapat memasarkan produknya dengan baik untuk konsumen sehingga pencapaian target tidak dapat dipenuhi.

• Mental yang lemah (Memberikan Motivasi Untuk Tenaga Marketing)

Menjadi seorang sales harus memiliki mental powerful dan pantang menyerah. Kepercayaan diri harus dimiliki untuk menghadapi setiap orang yang akan menjadi konsumennya. Jika mental mereka lemah dan tidak cukup percaya diri maka orang lain juga tidak akan percaya dengan promosi salesman tersebut.

• Kurangnnya komunikasi atasan dan salesman (Memberikan Motivasi Untuk Tenaga Marketing)

Kurangnya komunikasi atasan dan salesman bisa dominan buruk untuk kinerja saleman sendiri sebab mereka tidak menemukan arahan yang tepat oleh atasan yang lebih berpengalaman.

• Rekrutmen tenaga salesman yang tidak handal (Memberikan Motivasi Untuk Tenaga Marketing)

Jika perusahaan salah merekrut salesman yang tidak handal tentu saja mereka tidak dapat bekerja secara maksimal apalagi bisa menjangkau target penjualan.

Untuk membina motivasi untuk semua salesman, berikut sejumlah langkah yang bisa dilakukan perusahaan:

• Pelatihan (Memberikan Motivasi Untuk Tenaga Marketing)

Dengan memberikan pelatihan untuk semua salesman mereka akan mendapatkan pengetahuan dan juga ketrampilan supaya siap bekerja dilapangan dan menghadapi calon konsumennya.

Pelatihan itu juga  harus dibarengi dengan beberapa arahan positif atau motivasi supaya salesman dapat meningatkan kinerjanya tidak saja karena gaji atau bonus saja.

Pelatihan salesman dapat dilakukan perusahaan sesudah perusahaan memahami atau menilai kinerja salesman dalam beberapa waktu. Setelah dilakukan pelatihan perusahaan tetap harus  mengawasi kinerja salesman untuk mengukur ketrampilan mereka apakah menurun atau bertambah setelah dilakukan pelatihan motivasi.

• Mengukur keterampilan setiap salesman (Memberikan Motivasi Untuk Tenaga Marketing)

Sebagai pimpinan kamu bisa mempertimbangkan keterampilan setiap salesman kamu untuk pencapaian target penjualan. Jika mereka tidak bisa tentu kamu bisa mengambil tindakan yang tepat supaya mereka bisa mencapai target sesuai dengan kemampuannya.

• Hargai hasil kerja masing-masing salesman (Memberikan Motivasi Untuk Tenaga Marketing)

Pimpinan tidak saja memerintah saja namun kamu juga harus bisa menghargai hasil kerja salesman sekalipun mereka tidak mencapai target. Berikan mereka penghargaan dengan memberikan gaji pokok beserta bonus atau tunjangan lainnya sehingga mereka termotivasi untuk menambah target.

Kami dari Marketing Sedayu Indo Group meluangkan sistem untuk membantu pengembang & agen-agennya dengan banyak fitur sistem seperti: akses ke Availability Unit, penagihan dengan email blast dan sms blast untuk konsumen secara otomatis, data penjualan setiap marketing, dan perhitungan komisi marketing yang belum terbayarkan.

Kami juga menyediakan Marketing tools bagi Marketing Gallery PIK 2 berupa Mobile Apps yang juga dapat diakses melalui website sehingga membantu marketing untuk mendapatkan informasi lebih cepat, akurat dan membantu penjualan properti anda.