4 Cara Cek HP OPPO Asli atau Palsu, Supaya Tak Salah Beli HP Bekas

Cara Cek HP OPPO Asli atau Palsu – Ketika Kamu ingin membeli sebuah HP OPPO bekas, tidak ada salahnya agar mengecek terlebih dahulu kondisinya supaya tidak tertipu oleh barang palsu. Maka dari itu, Kamu harus menerapkan bagaimana sih cara cek HP OPPO berikut akan saya jelaskan di bawah ini.

Dalam mengecek HP OPPO asli atau palsu (Tiruan, Kw, dan Replika) memang gampang-gampang susah. Soalnya, casing pada ponsel HP OPPO yang bisa diganti menjadi baru boleh saja menipu Kamu ketika ingin membeli karena tergiur oleh casing yang masih baru.

Selain kondisi casing maupun kelengkapannya, sebelum Kamu membeli HP ada baiknya untuk mengecek semua komponen yang ada. HP OPPO sendiri menyediakan kode rahasia yang sangat berguna dalam melakukan pengetesan terhadap komponen hardwarenya.

Selain digunakan dalam mengecek kondisi pada smartphone, beberapa kode juga dapat Kamu pakai untuk mengecek apakah HP OPPO tersebut asli atau palsu dan bukan barang tiruan, kw, ataupun replica.

Cara Cek HP OPPO Asli Atau Bekas

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengecek apakah HP OPPO tersebut asli atau palsu. Silahkan Kamu pilih cara yang paling mudah menurut Kamu untuk dilakukan.

1. Cara Cek HP OPPO dengan Kode Rahasia

Kode rahasia ataupun biasa disebut sebagai Engineer Mode boleh Kamu pakai untuk mengecek HP OPPO. Berikut langkah-langkahnya.

  • Lakukan tap pada panggilan / dial pad.
  • Lalu ketikkan kode *#800#.
  • Setelah Kamu memasukkan kode, maka akan secara otomatis Kamu masuk menuju Engineer Mode. Disitulah Kamu boleh tes berbagai komponen.
  • Langkah berikutnya yaitu uji semua menu yang ada dengan teliti. Menu itu dibagi menjadi beberapa kategori sehingga bisa memudahkan Kamu untuk mengetesnya. Biasanya bila ada salah satu program yang bermasalah, maka tes akan terhenti atau tidak maksimal.

2. Cek dengan Kode IMEI

IMEI adalah sebuah nomor unik yang terdapat di setiap perangkat HP yang fungsinya adalah sebagai identitas hp dan ini sudah diakui secara internasional. Dengan mengetahui nomor IMEI, Kamu akan yakin 100% bahwa HP yang ingin Kamu beli adalah benar-benar asli dan resmi, bukanlah HP tiruan, palsu, replika, maupun KW.

3. Lihat Kondisi Baterai

Pernahkah Kamu melihat kondisi baterai yang menggelembung atau biasanya orang sering menyebutkan sebagai bahasa gaulnya “baterai hamil“? Bila pernah, ada baiknya Kamu jangan membelinya karena baterai tersebut sudah rusak.

Dengan kondisinya yang seperti itu, tentunya akan mengakibatkan HP OPPO yang mau Kamu beli akan mudah lowbat. Sebaiknya, untuk dapat membeli HP bekas lainnya, pastinya ada yang lebih baik..

4. Lakukan Booting Dengan Manual

Langkah langkah berikutnya untuk dapat mengecek HP OPPO yaitu dengan melakukan booting dengan manual. Caranya adalah dengan melepas semua komponen seperti baterai (jika bisa dilepas), kartu sim, dan kartu memori.

Kemudian setelah setengah jam, Kamu pasang kembali lalu hidupkan ponsel tersebut. Kamu boleh mengamati seberapa lama bootingnya. Apabila bootingnya lama, kemungkinan besar sepertinya ada yang bermasalah pada ponsel tersebut.

Sekianlah informasi yang dapat saya bagikan untuk Kamu bagaimana cara cek HP OPPO asli atau palsu supaya tidak salah beli menurut Nirvanaharapan. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi Kamu semuanya. Terima kasih!

Penulis: Nirvanaharapan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *