Cara Tepat Memulai Bisnis Startup Di Indonesia

Salah satu impian besar bagi banyak orang adalah memiliki sebuah bisnis startup sendiri. Hanya saja hingga saat ini masih banyak orang, termasuk kamu serta calon entrepreneur muda yang kebingungan. Jangankan untuk mengembangkannya, untuk memulainya mereka masih kesulitan. Padahal porosnya sangat sederhana, mereka tinggal membawa bisnisnya dari satu poin ke poin lain.

Umumnya, mindset yang tertanam di kepala banyak orang saat mendengar kata startup adalah modal yang banyak. Hal itu memang ada benarnya. Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang memiliki uang merasa kebingungan bagaimana cara menginvestasikan modalnya. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda memperhatikan hal hal dibawah ini saat tertarik ingin membuat bisnis startup :

  • Ide Bisnis Startup

bisnis startup
Source: cmr.berkeley.edu

Saat Anda telah memiliki kecukupan uang untuk memulai bisnis startup, maka langkah selanjutnya yang harus segera dimiliki adalah membuat gagasan atau ide. Disini, kreativitas serta inovasi Anda seakan dituntut. Anda bisa berdiskusi dengan entrepreneur lain atau teman teman kamu untuk saling bertukar pikiran tentang usaha atau bisnis apa yang akan Anda kembangkan.

  • Segera Mewujudkan Ide Tersebut

Pastinya tidak ada bisnis yang tidak berisiko. Karena semuanya pasti memiliki risiko. Disini Anda harus mencermati untung, rugi, serta konsekuensinya. Tetapi kemudian banyak orang terlalu lama berpikir, sehingga banyak waktu dan kesempatan yang terbuang. Ingat, Anda harus segera mewujudkan ide bisnis yang menarik atau ide tersebut hanya akan berakhir sebagai sebuah ide  semata.

  • Belum Ada Kantor? Tidak Masalah !

Anda jangan dulu memikirkan kantor yang luas, mewah, serta furniture layaknya gedung perkantoran. Anda bisa memulai bisnis startup dimana saja, bahkan digarasi rumah sekalipun. Akhir akhir ini juga banyak bermunculannya co-working space yang memungkinkan kamu bisa melaksanakan bisnis startup tanpa harus menyewa gedung.

Kelebihan co-working space lainnya adalah Anda bisa bertemu dengan kelompok kerja lainnya di satu tempat. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk saling berbagi ide. Dan tidak menutup kemungkinan juga nanti Anda bisa bekerja sama dengan orang lain yang ditemui disana.

  • Bekerjalah Dengan Orang Yang Memiliki Motivasi Tinggi

Anda tahu Steve Jobs, tidak? Salah satu alasan perusahaan Apple mampu berkembang seperti saat ini adalah karena beliau sang pendiri suka memotivasi orang lain. Kata katanya seperti ini : “Pekerjaan saya bukan membuat orang lain lembek dan nyaman. Tugas saya adalah membuat mereka menjadi lebih baik. Orang orang hebat yang saya miliki ini harus terus saya tekan dan menjadi jauh lebih baik lagi.”

  • Memperhatikan Target Pasar Yang Dituju

Biasanya kebanyakan investasor itu akan memikirkan besarnya pasar ketimbang apakah pasar tersebut nantinya akan berkembang dan bertahan lama. Ini seringkali menjadi kesalahan mindset yang terjadi berulang ulang. Sehingga untuk memulai bisnis  startup, jangan hanya berpatokan pada besar kecilnya pasar saja, tetapi pada seberapa besar kesempatan pasar tersebut untuk terus berkembang.

  • Memperhatikan Kualitas Produk

Perusahaan hebat adalah mereka yang memiliki produk bagus serta digemari banyak konsumen. Tetapi produk bagus saja rasanya tidak cukup. Karena Anda juga harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Anda harus menjadi orang yang skeptis atas produkmu sendiri. Anda juga harus mendengarkan segala keluh kesah para konsumen. Ini berarti produk Anda harus terus upgrade, dimana harus menyesuikan dengan kebutuhan pengguna.